Training for Understanding Mathematics Olympiad for Students and Teachers of SMAN 2 Kalianda

Authors

  • Muslim Ansori Universitas Lampung
  • Wamiliana Wamiliana Universitas Lampung
  • Dina Eka Nurvazly Universitas Lampung
  • Siti Laelatul Chasanah Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i1.192

Keywords:

Matematika, Olimpiade, SMA Negeri 2 Kalianda

Abstract

Untuk mencapai kesuksesan dalam kompetisi olimpiade matematika diperlukan bimbingan dan persiapan yang baik. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan penguasaan dan pemahaman materi olimpiade matematika bagi siswa dan guru SMAN 2 Kalianda diinisiasi untuk memberikan dukungan kepada guru-guru matematika dan siswa di SMA tersebut. Metode yang digunakan yaitu melibatkan ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif di tingkat sekolah menengah atas, memotivasi siswa untuk aktif mengikuti pembinaan, dan membantu mereka memahami materi olimpiade matematika dengan lebih baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu pemahaman dan keterampilan guru-guru meningkat dalam membimbing siswa untuk menghadapi olimpiade matematika, terlihat dari hasil peningkatan nilai pada post-test siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, D., Sunandi, E., & Fransiska, H. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dalam Menghadapi Olimpiade Sains. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 16(1), 89-95. doi:https://doi.org/10.33369/dr.v16i1.4831

Ansori, M., Wamiliana, Nurvazly, D. E., & Chasanah, S. L. (2023). Pelatihan Penguasaan dan Pemahaman Materi Olimpiade Matematika Bagi Siswa dan Guru SMAN 13 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(3), 147-154. doi:https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i3.126

Ansori, M., Wamiliana, Amanto, & Chasanah, S. L. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Pemahaman Siswa SMPN 1 Baradatu dalam Penguasaan Materi Olimpiade Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 159-166. doi:https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.90

Dewi, N. R. (2022). Pembinaan Olimpiade Matematika Bidang Kombinatorik Tingkat SMA di Jatiagung, Lampung Selatan. Journal of Social Outreach, 1(2), 51-56. doi:https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.4353

Mauliddin. (2018). Pelatihan Olimpiade Matematika pada Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 55-62. doi:https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.575

Pusat Prestasi Nasional. (2023). Wawasan Umum. Retrieved Oktober 25, 2024, from Purpesnas: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/profil/wawasan-umum-dan-misi

Putri, D. F., Amijaya, F. D., Wasono, Raming, I., Wigantono, S., Syaripuddin, . . . Sahputra, D. R. (2023). Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika untuk Siswa-Siswi SMA/MA di Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 2(3), 71-78. doi:https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2239

Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 194-209. doi:https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n2a5

Yohanes, R. S. (2022). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika dan Cara Mengatasinya. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 3, pp. 41-52. Bojonegoro: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. Retrieved Oktober 31, 2024, from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1595

Yuntawati, & Sanapiah. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Jenjang SMP Kabupaten Lombok Tengah. Sasambo Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 172-179. doi:https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.304

Downloads

Published

2025-03-19

How to Cite

Ansori, M., Wamiliana, W., Nurvazly, D. E., & Chasanah, S. L. (2025). Training for Understanding Mathematics Olympiad for Students and Teachers of SMAN 2 Kalianda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 6(1), 51-58. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i1.192

Issue

Section

Articles