Training for Understanding Mathematics Olympiad for Students and Teachers of SMAN 2 Kalianda
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i1.192Keywords:
Matematika, Olimpiade, SMA Negeri 2 KaliandaAbstract
Untuk mencapai kesuksesan dalam kompetisi olimpiade matematika diperlukan bimbingan dan persiapan yang baik. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan penguasaan dan pemahaman materi olimpiade matematika bagi siswa dan guru SMAN 2 Kalianda diinisiasi untuk memberikan dukungan kepada guru-guru matematika dan siswa di SMA tersebut. Metode yang digunakan yaitu melibatkan ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif di tingkat sekolah menengah atas, memotivasi siswa untuk aktif mengikuti pembinaan, dan membantu mereka memahami materi olimpiade matematika dengan lebih baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu pemahaman dan keterampilan guru-guru meningkat dalam membimbing siswa untuk menghadapi olimpiade matematika, terlihat dari hasil peningkatan nilai pada post-test siswa.
Downloads
References
Agustina, D., Sunandi, E., & Fransiska, H. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dalam Menghadapi Olimpiade Sains. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 16(1), 89-95. doi:https://doi.org/10.33369/dr.v16i1.4831
Ansori, M., Wamiliana, Nurvazly, D. E., & Chasanah, S. L. (2023). Pelatihan Penguasaan dan Pemahaman Materi Olimpiade Matematika Bagi Siswa dan Guru SMAN 13 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(3), 147-154. doi:https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i3.126
Ansori, M., Wamiliana, Amanto, & Chasanah, S. L. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Pemahaman Siswa SMPN 1 Baradatu dalam Penguasaan Materi Olimpiade Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 159-166. doi:https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.90
Dewi, N. R. (2022). Pembinaan Olimpiade Matematika Bidang Kombinatorik Tingkat SMA di Jatiagung, Lampung Selatan. Journal of Social Outreach, 1(2), 51-56. doi:https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.4353
Mauliddin. (2018). Pelatihan Olimpiade Matematika pada Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 55-62. doi:https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.575
Pusat Prestasi Nasional. (2023). Wawasan Umum. Retrieved Oktober 25, 2024, from Purpesnas: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/profil/wawasan-umum-dan-misi
Putri, D. F., Amijaya, F. D., Wasono, Raming, I., Wigantono, S., Syaripuddin, . . . Sahputra, D. R. (2023). Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika untuk Siswa-Siswi SMA/MA di Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 2(3), 71-78. doi:https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2239
Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 194-209. doi:https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n2a5
Yohanes, R. S. (2022). Miskonsepsi dalam Pembelajaran Matematika dan Cara Mengatasinya. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 3, pp. 41-52. Bojonegoro: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. Retrieved Oktober 31, 2024, from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1595
Yuntawati, & Sanapiah. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Jenjang SMP Kabupaten Lombok Tengah. Sasambo Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 172-179. doi:https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i3.304
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muslim Ansori, Wamiliana Wamiliana, Dina Eka Nurvazly, Siti Laelatul Chasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.