Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Calon Peneliti Dan Pemerhati Pendidikan

Authors

  • Hasri Hasri Universitas Negeri Makassar
  • Gusma Harfiana Abbas Universitas Negeri Makassar
  • Haryanti Putri Rizal Universitas Sulawesi Barat
  • Marlina Ummas Genisa Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.98

Keywords:

Mendeley, Pelatihan, Pengelola Sitasi

Abstract

Penggunaan software Mendeley sebagai aplikasi pengelolaan referensi dapat meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah seperti paper atau artikel ilmiah. Namun mayoritas calon peneliti dan pemerhati pendidikan masih banyak yang belum memahami penggunaannya. Pelatihan ini diusulkan untuk meminimalisir kendala-kendala calon peneliti dan pemerhati pendidikan dalam membuat daftar pustaka dan penulisan sitasi. Metode dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab dan praktik. Survei dilakukan dengan menyebarkan pretest dan posttest berupa kuesioner sebelum dan sesudah kegiatan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, 86% peserta mampu membuat sitasi dan daftar pustaka menggunakan software Mendeley. Sebanyak 14% peserta terkendala membuat sitasi karena laptop yang tidak memadai. Dengan demikian hasil pelatihan menggunakan software Mendeley dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas dalam membuat daftar pustaka dan penulisan sitasi karya ilmiah bagi calon peneliti dan pemerhati pendidikan.

References

Dewi, L. S., & Diani, W. R. (2021). Pelatihan Teknik Pembuatan Kutipan Bagi Guru dan Pengawas di Kabupaten Magelang. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 228-231.

Fairclough, R., & Thelwall, M. (2015). National research impact indicators from Mendeley readers. Journal of Informetrics, 9(4), 845-859.

Faisal, M., Challen, A. E., & Sari, I. (2020). Meningkatkan Efektifitas dan Kualitas Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Manajemen Referensi Bagi Dosen dan Mahasiswa. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 115-125. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/HMN/article/view/5386

Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55. Retrieved from https://journal.ascarya.or.id/index.php/iscs/article/view/5

Iskandar, & Patak, A. A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(4), 108-114.

Rahardja, U., Tiara, K., & Rosalinda, I. A. (2016). Pemanfaatan Google Scholar Dan Citation Dalam Memenuhi Kebutuhan Pembuatan Skripsi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 1(1), 95–113. Retrieved from https://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/view/28

Salam, R., Akhyar, M., Tayeb, A. M., & Niswaty, R. (2017). Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi. Jurnal Office, 3(1), 61-65. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/jo/article/view/3463

Downloads

Published

2022-11-18

Issue

Section

Articles