Pelatihan Pembuatan Game For Education Bagi Guru Dan Siswa SMKN 7 Bandar Lampung

Authors

  • Suaidah Suaidah Universitas Teknokrat Indonesia
  • Ade Surahman Universitas Teknokrat Indonesia
  • Permata Permata Universitas Teknokrat Indonesia
  • Rakhmat Dedi Gunawan Universitas Teknokrat Indonesia
  • Rido Febryansyah Universitas Teknokrat Indonesia
  • Mico Fahrizal Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.110

Keywords:

Game for Education, Workshop, Media Pembelajaran

Abstract

Teknologi semakin berkembang dengan pesat, terutama teknologi internet mobile yang semakin populer. Kemunculan telepon genggam yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai aplikasi dengan mudah. Namun, sebagian besar aplikasi yang tersedia adalah game yang tidak memberikan manfaat pendidikan yang memadai. Bahkan, sering kali aplikasi game ini dapat berdampak negatif terhadap penggunanya. Oleh karena itu kami mengadakan Pelatihan Game for Education di SMKN 7 Bandarlampung. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu peserta pelatihan memahami konsep Game for Education dan bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran. Metode pelatihan yang digunakan meliputi sesi presentasi, diskusi, dan praktik langsung dalam pembuatan game. Peserta pelatihan terdiri dari siswa dan guru. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan alternatif media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan gambaran tentang bagaimana Game for Education dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dengan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. A. F. Sulfi Purnamasari, Fika Rahmanita, Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, “BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE WORD WALL,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, 2020.

I. Mustika Sari and E. Dwi Prajayanti, “PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA SMP TENTANG DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE BAGI KESEHATAN,” GEMASSIKA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, 2017, doi: 10.30787/gemassika.v1i1.216.

S. Sahrawi, M. Hafis, D. S. Sari, D. S. Astuti, and S. Wiyanti, “PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GAMES UNTUK MENARIK MINAT BELAJAR SISWA SMP AWALUDDIN,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.31571/gervasi.v2i2.1005.

W. Q. Fatima, L. Khairunisa, D. C. Priatna, and B. Prihatminingtyas, “Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Game Pada Panti Asuhan Al Maun Di Desa Ngajum,” Semin. Nas. Sist. Inf., no. September, 2019.

M. A. A. Widya, P. Airlangga, N. L. Husna, Dwi, and Widianingsih, “Peningkatan Motivasi Belajar melalui Game Edukatif di Era New Normal,” Jumat Pendidik. J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, 2021.

E. Suryani and K. Y. Purwanti, “Pengenalan Game Edukasi Android Sebagai Penunjang Perkembangan Kognitif Anak,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, 2019, doi: 10.30651/aks.v3i2.1486.

M. B. Ismiati, L. Hermawan, G. Emmanuel, and S. Andayani, “Pelatihan Media Pembelajaran Online Berbasis Game pada Guru SDK Frater Xaverius 2 Palembang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Bina Darma, vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.33557/pengabdian.v1i2.1468.

H. B. Dirgantar, Y. D. Prabowo, Y. E. Kurniawati, P. Windriyani, and H. Septanto, “Pelatihan Pengenalan Game Maker Studio dan Workshop Pembuatan Game di SMAK Terang Bangsa Cirebon,” ABDIMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, 2020, doi: 10.53008/abdimas.v1i2.76.

D. C. Rahayuningrum, E. Yanti, and I. Mardiko, “Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Dampak Game Online,” J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, 2021, doi: 10.33024/jkpm.v4i3.3761.

Y. Yohannes, S. Devella, and M. Meiriyama, “PELATIHAN PEMBUATAN GAME MENGGUNAKAN GDEVELOP UNTUK SISWA/I SMA NEGERI 6 PALEMBANG,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6333.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Suaidah, S., Surahman, A., Permata, P., Gunawan, R. D., Febryansyah, R., & Fahrizal, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Game For Education Bagi Guru Dan Siswa SMKN 7 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(1), 39-46. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.110

Issue

Section

Articles