Pelatihan Tentang Aplikasi Service Quality Bagi Perawat di Rumah Sakit Umum Deli, Medan, Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i3.124Keywords:
Medan, Pelatihan, Perawat, RSU Deli, Service QualityAbstract
Pelayanan rumah sakit semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi serta tingginya ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan yang unggul. Peran penting perawat dalam menjamin pelayanan rumah sakit yang berkualitas sangat krusial. Unsur utama dalam menentukan kualitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan keperawatan. Konsep service quality harus diterapkan secara signifikan di rumah sakit. Salah satu visi RSU Deli adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan fokus pada kepuasan pasien. Salah satu langkah untuk mencapai hal ini adalah melalui pelatihan perawat dalam pemahaman konsep kualitas pelayanan, dengan harapan bisa meningkatkan layanan keperawatan di RSU Deli. Pelatihan aplikasi service quality pada perawat di RSU Deli meningkatkan pengetahuan perawat tentang konsep service quality. Perawat bisa menerapkan service quality dalam memberi pelayanan keperawatan sehari-hari serta perawat bisa mempertahankan serta meningkatkan pelayanan keperawatan di RSU Deli.
Downloads
References
Agustian, A., Mita, & Yulanda, N. A. (2021). Penerapan Metode Service Excellent Dan Service quality Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Diruang Rawat Inap Rumah Sakit: Literature Review. ProNers, 6(1).
Amir, H., & Ningsih, S. R. (2021). Keterkaitan Pendidikan dan Pelatihan dengan Peningkatan Kinerja Perawat di Ruang Melati RSUD Kota Kotamobagu. Infokes: Jurnal Informasi Kesehatan, 11(1), 344-348.
Barus, E. R. (2016). Pengaruh Aplikasi Protokol Caring pada Penerimaan Pasien Baru Terhadap Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap RSU Medan. Thesis, Universitas Sumatera Utara, Fakultas Keperawatan.
Chamariyah, Hartono, Z., & Wasis, B. (2023). Pengaruh Pendidikan Terhadap Kinerja Perawat Dalam Pencapaian Pelayanan Kesehatan Melalui Kompetensi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perawat Puskesmas Kowel Kabupaten Pamekasan). Journal of Management and Creative Business, 1(4), 163-180. doi:https://doi.org/10.30640/jmcbus.v1i4.1407
Gabriel, Natalia, R., Kolibu, F. K., & Mandagi, C. K. (2017). Hubungan Antara Supervisi dan Keamanan Kerja Dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSJ Prof. DR. VL Ratumbuysang Sario. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 6(3), 1-7.
Ghozali, I., Iswati, S., & Adam, S. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi di PT. Pertamina Lubricant Jakarta. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 211-223. doi:10.30737/ekonika.v5i2.1094
Hasanah, R., & Maharani, C. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat. IJPHN: Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(1), 75-82.
Honifa, Derriawan, & Sampurno. (2022). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pasien Umum yang Berdampak Kepada Berkunjung Kembali di Klinik Andilia Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 21(1), 26-33. doi:https://doi.org/10.33221/jikes.v21i1.1746
Jufrizen. (2017). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Studi pada Rumah Sakit Umum Madani Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 27-34.
Kumajas, F. W., Warouw, H., & Bawotong, J. (2014). Hubungan Karakteristik Individu Dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Penyakit dalam RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow. Jurnal Keperawatan, 2(2), 1-8.
Mandagi, F. M., Umboh, J. M., & Rattu, J. A. (2015). Analisis Faktor –Faktor Yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Bethesda Gmim. eBm: Jurnal e-Biomedik, 3(3), 884-894.
Mawikere, Y., Manampiring, A. E., & Toar, J. M. (2021). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pemberian Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Keperawatan, 9(1), 71-77. doi:10.35790/jkp.v9i1.36771
Putro, S. S., Rahmanita, E., & Isnaniyah, R. S. (2017). Implementasi Metode Servqual dan SAW untuk Analisa Kepuasan Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan Poli Rawat Jalan. Komunika: Jurnal Komunikasi, Media, dan Informatika, 6(2), 1-9. doi:10.31504/komunika.v6i2.1119
Wulandari, R. Y., Nugroho, T. A., & Febrianti, C. D. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat Terhadap Pelaksanaan Identifikasi Patient Safety di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. 6, 215–218. doi:10.30604/jika.v6iS1.789
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Setiawan, Dewi Elizadiani Suza, Nur Asiah, Nurbaiti Nurbaiti, Dina Rasmita, Dwi Karina Ariadni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.