Gerakan Literasi Digital Dalam Penguatan Hard Skill dan Soft Skill Siswa di MUQ Langsa

Authors

  • Maisarah Maisarah Universitas Samudra https://orcid.org/0000-0001-8608-6930
  • Cyndi Prasetya Universitas Samudra
  • Mulyani Mulyani Universitas Samudra
  • Lailissa’adah Lailissa’adah Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i3.125

Keywords:

Hard Skill, Literasi Digital, Soft Skill

Abstract

Laju digitalisasi menjadikan guru dan siswa harus mempunyai literasi digital yang mumpuni. Observasi awal di MUQ Langsa ditemukan bahwa pihak sekolah telah menyediakan sarana prasarana pembelajaran berbasis digital seperti beberapa komputer di laboratorium komputer dan beberapa infocus, namun tidak tersedia sarana prasarana digital di dalam kelas. Keterbatasan sarana prasarana menjadi kendala untuk melaksanakan gerakan literasi digital di sekolah. Dengan demikian, khalayak sasaran Pengabdian kepada Masyarakat ini ditujukan pada siswa MUQ Langsa. Pada kegiatan pengabdian ini, siswa MUQ Langsa dibekali materi terkait gerakan literasi digital dan urgensi setiap pilar literasi digital dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini melatih penggunaan media digital bagi siswa dengan memperhatikan literasi digital, dan menguatkan hard skill dan soft skill siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara. (2021). Indikator Asam dan Basa. Diambil kembali dari LiveWorksheets: https://www.liveworksheets.com/w/id/ilmu-pengetahuan-alam-ipa/1713934

Devianty, R., Wahyuni, S., Maisarah, & Sakulpimolrat, S. (2023). Kurikulum berparadigma Wahdatul ‘Ulum pada Prodi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa Sastra dan Pengajarannya, 9(1), 213–222.

Dhewi, A. S., & Ningrum, W. W. (2021). Strategi Literasi Digital sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA). 3, hal. 52-75. Universitas Ahmad Dahlan.

Ikrima, A. (2022). Konversi Suhu Celcius. Diambil kembali dari Scratch: https://scratch.mit.edu/projects/692530500/

Khadijah, Pulungan, E. N., Hariati, R., & Maisarah. (2022). Developing The Educational Game Tool to Improve Reading Ability of Early Childhood. IJoLE: International Journal of Language Education, 6(1), 25-35.

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 149-166. doi:10.21831/informasi.v47i2.16079

Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. doi:10.56855/jpsd.v2i1.314

Suardipa, I. P., Widiara, I. K., & Indrawati, N. M. (2021). Urgensi Soft skill dalam Perspektif Teori Behavioristik. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 63-74.

Suryati, L., Simatupang, W., Irfan, D., & Muskhir, M. (2023). Optimasi Implementasi Soft Skill Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru Kejuruan pada Pendidikan Vokasi. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4, 90-99. doi:10.31849/zn.v4i.12705

Tampubolon, D. (2023). Kumpulan Media Pembelajaran Powerpoint Matematika SMP yang Sangat Cocok untuk Siswa atau Guru. Diambil kembali dari defantri.com: https://www.defantri.com/2014/04/media-pembelajaran-matematika-smp.html

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Maisarah, M., Prasetya, C., Mulyani, M., & Lailissa’adah, L. (2023). Gerakan Literasi Digital Dalam Penguatan Hard Skill dan Soft Skill Siswa di MUQ Langsa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(3), 139–146. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i3.125

Issue

Section

Articles