Edukasi Literasi Keamanan Digital di PAUD RA-Al-Ghiffari, Sukabirus, Dayeuhkolot, Bandung
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v5i1.150Keywords:
Literasi Keamanan Digital, Penyuluhan, Permainan, PAUD TK Al-GhiffariAbstract
Literasi keamanan digital merupakan kemampuan untuk mengakses, menggunakan, dan berkomunikasi secara aman dan bertanggung jawab di dunia digital. Literasi ini penting untuk diterapkan oleh murid dan orangtua murid PAUD, mengingat semakin maraknya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di era 4.0. TK Al-Ghiffari merupakan salah satu lembaga pendidikan yang peduli dengan literasi keamanan digital. Untuk meningkatkan literasi keamanan digital, dibutuhkan edukasi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid dan orangtua murid PAUD. Penyuluhan dan permainan dapat menjadi media yang efektif dan menarik untuk menyampaikan materi edukasi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah melakukan sharing knowledge mengenai pentingnya keamanan digital bagi anak-anak PAUD Al Ghiffari, SUkabirus, Bandung. Dari hasil survey yang diberikan kepada mitra PkM menunjukkan bahwa kepuasan mitra terhadap aspek kebermanfaatan sebesar 100%.
Downloads
References
AlShabibi, A., & Al-Suqri, M. (2021). Cybersecurity Awareness and Its Impact on Protecting Children in Cyberspace. 22nd International Arab Conference on Information Technology (ACIT) (hal. 1-6). Muscat: IEEE. doi:10.1109/ACIT53391.2021.9677117
Amankwa, E. (2021). Relevance of Cybersecurity Education at Pedagogy Levels in Schools. Journal of Information Security, 12(4). doi:10.4236/jis.2021.124013
Badan Pemeriksa Keuangan. (2020). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Data Pribadi. Retrieved from Database Peraturan JDIH BPK: https://peraturan.bpk.go.id/Details/229798/uu-no-27-tahun-2022
Balbix. (2023). Cybersecurity Activity Book for Kids.
Blossom, S., & Tetherly-Lewis, C. (2020). Keeping Children Safe Online. (ACA Group) Retrieved from ACA: https://www.acaglobal.com/insights/keeping-children-safe-online
Chase, J., Uppuluri, P., Denny, E., Patterson, B., Eller, J., Lane, D., . . . Onuskanich, R. (2020). STEAM Powered K-12 Cybersecurity Education. Journal of The Colloquium for Information Systems Security Education, 7(1), 1-8.
Hart, S., Margheri, A., Paci, F., & Sassone, V. (2020). Riskio: A Serious Game for Cyber Security Awareness and Education. Computers & Security, 95, 1-16. doi:10.1016/j.cose.2020.101827
Kamaludeen, M., Ismaeel, S., Asiri, S., Allen, T., & Scarfo, C. (2021). A Framework for Cyber Protection (FCP) in K-12 Education Sector. 3rd Smart Cities Symposium (SCS 2020). IET. doi:https://doi.org/10.1049/icp.2021.0865
Muniroh, Fakhruddin, Rodiyah, & Prihatin, T. (2021). Technology and Interactive Media Usage to Support Cyber Wellness Education for Kindergarten. International Conference on Science, Education, and Technology, 7, pp. 849–855.
National Institutes of Health. (2020). Cyber Safety for Kids and Teens.
Quaglia, E. A., & Thompson, A. (2022). Learning Together Cyber Security for Toddlers. CyBOK.
Rahman, N. A., Sairi, I. H., Zizi, N. A., & Khalid, F. (2020). The Importance of Cybersecurity Education in School. International Journal of Information and Education Technology, 10(5), 378-382. doi:10.18178/ijiet.2020.10.5.1393
Triplett, W. J. (2023). Addressing Cybersecurity Challenges in Education. International Journal of STEM Education for Sustainability, 3(1), 47-67. doi:10.53889/ijses.v3i1.132
Veresov, N., & Veraksa, N. (2023). Digital Games and Digital Play in Early Childhood: A Cultural-Historical Approach. Early Years, 43(4-5), 1089-1101. doi:10.1080/09575146.2022.2056880
Westwood, T. (2021). Digital Literacy for Kindergarten: An Introductory Guide for BC Kindergarten Teachers. Diambil kembali dari What The Tech?: https://twestwood-med.opened.ca/digital-literacy-for-kindergarten/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vera Suryani, Bayu Erfianto, Niken Dwi Cahyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.