Pembelajaran Koordinat Kartesius dengan Menggunakan Pixel Art untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dheva Ufiz 'Aliyah Universitas Diponegoro
  • Shinta Nur Alfiana Universitas Diponegoro
  • Lathifatul Inayah Alhusna Universitas Diponegoro
  • Arum Qurrotulaini Pradjna Paramita Universitas Diponegoro
  • Ratna Zakiyya Meilia Utami Universitas Sebelas Maret
  • Nikken Prima Puspita Universitas Diponegoro
  • Lucia Ratnasari Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i1.216

Keywords:

Koordinat Kartesius, Pixel Art, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran koordinat kartesius merupakan salah satu materi dasar dalam matematika yang diajarkan di sekolah dasar. Pembelajaran koordinat kartesius dapat dilakukan dengan banyak cara. Pengabdian yang kami lakukan, memberikan alternatif pembelajaran mengenai koordinat kartesius. Alternatif pembelajaran tersebut menggabungkan pembelajaran koordinat kartesius dengan pixel art. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menyasar pada siswa-siswi Kelas 5 SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Kota Surakarta. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran koordinat kartesius melalui pendekatan kreatif dengan Pixel Art dan Mystery Cartesian Coordinate Games. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui penerapan matematika melalui pixel art. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat belajar, kerja sama, dan pemahaman konsep koordinat kartesius, serta menjadikan pembelajaran matematika lebih interaktif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiati, R. (2018). Pembelajaran Refleksi melalui Permainan Edutrans Berbantuan Tikar Koordinat dan Kartu Transformasi. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 60-72. doi:https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.60-72

Bebit, M. A. I., Ibrahim, S., Jaapar, I., Samar, A. N. A., & Amairudin, M. F. (2023). Kajian Terhadap Seni Piksel Kaligrafi Arab-Melayu Menggunakan Kayu Kitar Semula. Jurnal Tuah, 4(1), 30–38.

Harahap, S. Y., Khairani, M., & Masitoh, S. (2019). Logika (Vlog Matematika): Solusi dalam Menciptakan Generasi Cerdas dan Berbudaya. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 46–59. doi:http://dx.doi.org/10.29300/equation.v2i1.2310

Hardiana, L., Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament dengan Permainan Kapal Perang terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 8(1), 1-8. doi:http://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4195

Harnanto, J. T. (2022). Bermain dengan ubin meningkatkan pemahaman koordinat kartesius bagi siswa kelas VI sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 80-83. doi:https://doi.org/10.20961/jpd.v10i1.64407

Husnaidah, M., Serli Hrp, M., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi Untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41-47.

Irnawati, D. R., Makmur, A., & Istiyowati, L. S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Gamifikasi terhadap Motivasi Belajar Matematika Pasca Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 82–88. doi:https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2997

Khaeroni, & Nopriyani, E. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa kelas V SD/MI pada pokok bahasan sistem koordinat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. doi:https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018

Mahardika, D. (2023). Membuat Desain Pola Batik Matematika Menggunakan Rumus Fungsi Implisit Trigonometri Dalam Bidang Kartesius. SEBATIK, 27(1), 223-230. doi:https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2219

Ningsi, N., & Salwiah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Tebak Gambar Menggunakan Media Flip Chart. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 215–219. doi:http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9109

Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas 6. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 184-196. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.991

Sholikhah, A. M., & Budiyono. (2024). Eksplorasi Konsep Dasar Koordinat Kartesius dalam Q.S. An-Nisa: 36 di Sekolah Dasar. JPGSD, 12(9), 1673-1684.

Solikin, A. (2015). Aplikasi Sistem Koordinat Dalam Penentuan Arah Salat Umat Islam. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4767

Ulfiyani, Putra, Z. H., & Noviana, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Koordinat Berbasis Geogebra Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12( 3), 3431–3444. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.5445

Downloads

Published

2025-03-27

How to Cite

’Aliyah, D. U., Alfiana, S. N., Alhusna, L. I., Paramita, A. Q. P., Utami, R. Z. M., Puspita, N. P., & Ratnasari, L. (2025). Pembelajaran Koordinat Kartesius dengan Menggunakan Pixel Art untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 6(1), 81-90. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i1.216

Issue

Section

Articles