Pembelajaran Koordinat Kartesius dengan Menggunakan Pixel Art untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i1.216Keywords:
Koordinat Kartesius, Pixel Art, Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran koordinat kartesius merupakan salah satu materi dasar dalam matematika yang diajarkan di sekolah dasar. Pembelajaran koordinat kartesius dapat dilakukan dengan banyak cara. Pengabdian yang kami lakukan, memberikan alternatif pembelajaran mengenai koordinat kartesius. Alternatif pembelajaran tersebut menggabungkan pembelajaran koordinat kartesius dengan pixel art. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menyasar pada siswa-siswi Kelas 5 SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Kota Surakarta. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran koordinat kartesius melalui pendekatan kreatif dengan Pixel Art dan Mystery Cartesian Coordinate Games. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui penerapan matematika melalui pixel art. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat belajar, kerja sama, dan pemahaman konsep koordinat kartesius, serta menjadikan pembelajaran matematika lebih interaktif dan menyenangkan.
Downloads
References
Afiati, R. (2018). Pembelajaran Refleksi melalui Permainan Edutrans Berbantuan Tikar Koordinat dan Kartu Transformasi. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 60-72. doi:https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.60-72
Bebit, M. A. I., Ibrahim, S., Jaapar, I., Samar, A. N. A., & Amairudin, M. F. (2023). Kajian Terhadap Seni Piksel Kaligrafi Arab-Melayu Menggunakan Kayu Kitar Semula. Jurnal Tuah, 4(1), 30–38.
Harahap, S. Y., Khairani, M., & Masitoh, S. (2019). Logika (Vlog Matematika): Solusi dalam Menciptakan Generasi Cerdas dan Berbudaya. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 46–59. doi:http://dx.doi.org/10.29300/equation.v2i1.2310
Hardiana, L., Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament dengan Permainan Kapal Perang terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 8(1), 1-8. doi:http://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4195
Harnanto, J. T. (2022). Bermain dengan ubin meningkatkan pemahaman koordinat kartesius bagi siswa kelas VI sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 80-83. doi:https://doi.org/10.20961/jpd.v10i1.64407
Husnaidah, M., Serli Hrp, M., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi Untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12), 41-47.
Irnawati, D. R., Makmur, A., & Istiyowati, L. S. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Gamifikasi terhadap Motivasi Belajar Matematika Pasca Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 82–88. doi:https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2997
Khaeroni, & Nopriyani, E. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa kelas V SD/MI pada pokok bahasan sistem koordinat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. doi:https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018
Mahardika, D. (2023). Membuat Desain Pola Batik Matematika Menggunakan Rumus Fungsi Implisit Trigonometri Dalam Bidang Kartesius. SEBATIK, 27(1), 223-230. doi:https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2219
Ningsi, N., & Salwiah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Tebak Gambar Menggunakan Media Flip Chart. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3), 215–219. doi:http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9109
Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas 6. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 184-196. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.991
Sholikhah, A. M., & Budiyono. (2024). Eksplorasi Konsep Dasar Koordinat Kartesius dalam Q.S. An-Nisa: 36 di Sekolah Dasar. JPGSD, 12(9), 1673-1684.
Solikin, A. (2015). Aplikasi Sistem Koordinat Dalam Penentuan Arah Salat Umat Islam. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4767
Ulfiyani, Putra, Z. H., & Noviana, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Koordinat Berbasis Geogebra Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12( 3), 3431–3444. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.5445
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dheva Ufiz 'Aliyah, Shinta Nur Alfiana, Lathifatul Inayah Alhusna, Arum Qurrotulaini Pradjna Paramita, Ratna Zakiyya Meilia Utami, Nikken Prima Puspita, Lucia Ratnasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.