Penerapan Aplikasi KarateProMatch pada Turnamen Bupati Cup Kabupaten Tulang Bawang Barat

Authors

  • Allwine Allwine Universitas Lampung
  • Wahyu Aji Pulungan Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i2.221

Keywords:

KarateProMatch, Sistem Informasi Manajemen, Turnamen Karate

Abstract

Karate adalah olahraga beladiri yang cukup populer di Indonesia. Disamping banyaknya dojo untuk berlatih, banyaknya turnamen karate merupakan bukti meningkatnya minat masyarakat terhadap olahraga ini. Pengabdian masyarakat ini mengimplementasikan aplikasi KarateProMatch untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi Turnamen Karate. Aplikasi dijadikan pilot project pada turnamen karate Bupati Cup di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Melalui metode konsultasi dan pelatihan, tim pengabdi membimbing panitia dalam mengotomatisasi pendaftaran, penjadwalan, dan rekapitulasi hasil turnamen. Penerapan aplikasi ini berhasil mengurangi beban kerja, meningkatkan akurasi data, dan mempercepat alur turnamen. Respons positif dari panitia dan peserta menunjukkan kontribusi nyata aplikasi dalam modernisasi manajemen event olahraga daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., . . . Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat . Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Andre, A., Nicolas, A., Efraim, M. A., Sinaga, R. S., & Nurkadri. (2023). Peran Teknologi dalam Pengembangan Permainan Tenis Lapangan di Era Modern. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4).

Daryanto, Z. P. (2023). Futsal Playing Skill Level of Futsal Extracurricular Participants. Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 1-5. doi:https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.55

Dwiyogo, W. D. (2019). Olahragawan Berprestasi Internasional Cabang Olahraga Karate. Wineka Media.

Muhammad, J., Nasruddin, N., & Ansar . (2023). Penerapan Aplikasi N-Pro Tournament Karate Pada Dojo/Klub Karate Kota Jayapura. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(11), 2201-2206. doi:https://doi.org/10.53625/jpm.v2i11

Pratama, F. Y., Putro, F. W., & Widodo, P. (2022). Desain dan Implementasi Sistem Manajemen Turnamen Esport Berbasis Web pada Esport Indonesia Surabaya. Jurnal Karya Ilmiah Tugas Akhir Mahasiswa, 4(1), 1-12.

Republik Indonesia. (2005, September 23). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Retrieved Juli 17, 2025, from Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40234/uu-no-3-tahun-2005

Republik Indonesia. (2012, Agustus 10). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Retrieved Juli 18, 2025, from Database Peraturan: https://peraturan.bpk.go.id/Details/39063

Sukardi, Putra, T., Hambali, & Yuhendri, M. (2023). Rancang Bangun Robot Pelontar Bola Tenis Lapangan Berbasis Internet of Thing (IoT). Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 4(1), 19–30. doi:https://doi.org/10.24036/jtein.v4i1.339

Wijoyo, A., Komarudin, A., Shaumi, M. A., Wahyu , M. B., & Ahmad , R. (2024). Optimisasi Proses Bisnis melalui Sistem Informasi Manajemen Terintegrasi. Jurnal Teknologi, Bisnis dan Pendidikan, 1(4), 476-479.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Allwine, A., & Aji Pulungan, W. (2025). Penerapan Aplikasi KarateProMatch pada Turnamen Bupati Cup Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 6(2), 145-154. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i2.221

Issue

Section

Articles