Pelatihan Aplikasi Lumen5 sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Technological Knowledge
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i3.247Keywords:
Lumen5, Media Pembelajaran, Technological KnowledgeAbstract
Pesatnya perkembangan TIK dalam dunia pendidikan masih meninggalkan persoalan, yaitu pembelajaran yang belum berpusat pada peserta didik serta rendahnya Technological Knowledge guru akibat minimnya sosialisasi pelatihan pemanfaatan aplikasi Lumen5. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh guru maka dilaksanakannya pelatihan pemanfaatan aplikasi Lumen5. Metode pengabdian ini dilakukan dengan penyuluhan dan pelatihan dengan tiga tahap kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Lumen5, yang awalnya mendapatkan skor 63,8 meningkat menjadi 85,5. Hal ini menunjukan bahwa pelatihan Lumen5 dapat meningkatkan kemampuan teknologi guru.
Downloads
References
Amira, B., & Nasution, M. I. P. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Ai) Dalam Meningkatkan Efesiensi Dan Pengembangan Usaha Mikro,Kecil Dan Menengah (Umkm). JURNAL RISET MANAJEMEN, 1(4), 362-371. doi:https://doi.org/10.54066/jurma.v1i4.1354
Azizah, N., Suratno, S., & Irawati, H. (2024). Peran Media Pembelajaran Berbasis TIK dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (pp. 55-62). Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Retrieved Oktober 29, 2025, from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/issue/view/52
Ilmi, S. K., & Putri, S. F. (2024). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Materi NPWP Menggunakan Media Lumen5. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE). 4, pp. 125-135. Malang: Universitas Negeri Malang. Retrieved Oktober 28, 2025, from https://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/9032
Jamal, S., & Hidayatullah, A. (2025). PEMANFAATAN APLIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Ta'dibiya: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 5(1), 97-108. doi:https://doi.org/10.61624/japi.v5i1.174
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137-142. doi:http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
Mursalin, M., Ali, M., & Armita, D. (2024). Pelatihan Canva sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Digital Bagi Guru SMA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara (JSMD), 4(1), 38-44. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.12337816
Natali, S., & Kolomoyets, A. (2024). Features of using the lumen5 online service in the integrated course “I Explore the World”. 2024Image of the modern pedagogue, 1(3), 72-76. doi:https://doi.org/10.33272/2522-9729-2023-3(216)-72-76
Ninda, M. A. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Media Lumen5 Kelas VI di SDN 01 Tulus Ayu Sumatera Selatan. YOGYAKARTA: Universitas Islam Indonesia.
Siswadi, G. A. (2023). Merayakan Kemerdekaan dalam Belajar. Badung, Bali: Nilacakra.
Wijaya, D. S., & Romadhan, I. (2024). Analisis Difusi Inovasi Penggunaan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran Di SDN Putat Jaya II/378 Surabaya. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi, 4(2), 39-45. doi:https://doi.org/10.69957/relasi.v4i02.1593
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. doi:https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Indah Lestari, Valensy Rachmedita, Myristica Imanita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.