PKM Panti Asuhan Darul Ma’arif Alkarimiyah Padang Untuk Pemanfaatan Internet Secara Efektif Dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • Sri Restu Ningsih STMIK Indonesia Padang
  • Ade Irma Suryani STMIK Indonesia Padang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.30

Keywords:

Darul Ma’arif Karimiyah, Internet, Microsoft Word, Pembelajaran Daring

Abstract

Pandemi Covid-19 selain berdampak negatif, juga berdampak positif dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah memicu percepatan transformasi digital pendidikan di Indonesia sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan). Dampak lainnya adalah berkembanganya aplikasi belajar online sebagai penghubung antara pendidik dengan siswa melalui internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Permasalahannya adalah sebagian besar siswa belum memiliki pengetahuan yang memadai untuk pembelajaran daring. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah peningkatan pengetahuan tentang pemanfaatan internet secara efektif dan pelatihan dasar Microsoft Word selama pembelajaran daring bagi siswa-siswa Panti Asuhan Darul Ma’arif Karimiyah Padang. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah berupa ceramah, pelatihan dan tanya jawab tentang pemanfaatan internet secara efektif serta dasar-dasar Microsoft Word. Dampak terhadap para siswa Panti Asuhan antara lain siswa memahami cara penggunaan internet secara efektif untuk pembelajaran daring, mampu mengoperasikan Microsoft Word dan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Hadi, F., Syafi'i, A., & Isgandi, Y. (2020). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru - Guru SD Al Islam Morowudi , Gresik. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 142–149.

Harsono. (2008). Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran Dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(1), 4–8.

Khoirunnisa, S., Ishartono, & Resnawaty, R. (2015). Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak. In S.T. Raharjo, N. Nurwati, N. Mulyana, B.M. Taftazani, N.C. Apsari, & M.B. Santoso (Ed), Prosiding KS: Riset dan PKM, 2(2), (pp. 69–73). Bandung: Universitas Padjajaran.

Korte, D., Reitz, N., & Schmidt, S. J. (2016). Implementing Student-Centered Learning Practices in a Large Enrollment, Introductory Food Science and Human Nutrition Course. Journal of Food Science Education, 15(1), 23–33. doi:https://doi.org/10.1111/1541-4329.12077

Nasrullah, A., Marlina, M., & Dwiyanti, W. (2018). Development of Student Worksheet-Based College E-Learning Through Edmodo to Maximize the Results of Learning and Motivation in Economic Mathematics Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(12), 211–229.

Ningsih, S. R., Effendi, Z. M., & Syah, N. (2019). Implementation of Cooperative Learning Model on E-Assignment Responsiveness at Higher Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(18), 209–219.

Ningsih, S. R., Sotar, & Safii, I. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pendidikan Agama. Jurnal Ipteks Terapan, 12(4), 268–276.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. GEOSEE (Geography Science Education Explored Journal), 1(1), 21–30.

Utaminingsih, S., Sumanto, D., Haryanti, A., Prastini, E., & Kurniawan, F. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pademi Covid-19 Di SMP Islam Nurulhidayah Komplek Perumahan Renijaya Utama, Podok Petir, Bojongsari, Depok Tahun 2020. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–14.

Yuliasari, R., & Mulyono, S. E. (2015). Peran Pengelola Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 93–98.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Ningsih, S. R., & Suryani, A. I. (2021). PKM Panti Asuhan Darul Ma’arif Alkarimiyah Padang Untuk Pemanfaatan Internet Secara Efektif Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 29-38. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.30

Issue

Section

Articles