Penguatan Sumber Daya Manusia Melalui Peningkatan Keterampilan Pada Komunitas ODAPUS Lampung

Authors

  • Larasati Ahluwalia Universitas Teknokrat Indonesia
  • Berlintina Permatasari Universitas Teknokrat Indonesia
  • Nurul Husna Universitas Teknokrat Indonesia
  • Dian Novita Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.32

Keywords:

e-Commerce, Instrumen Investasi, Komunitas Odapus, Laporan Keuangan, Media Sosial

Abstract

Persaingan usaha sejenis diatasi dengan menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Berbagai persoalan dihadapi pelaku usaha diantaranya adalah belum memaksimalkan penggunaan media sosial dan e-commerce untuk pemasaran usaha, belum memaksimalkan perencanaan keuangan pribadi dan penggunaan instrumen investasi. Untuk membantu menyelesaikan permasalahan mitra, tim PKM mengadakan analisis kebutuhan organisasi terlebih dahulu untuk memberikan pelatihan yang tepat guna. Pelaksanaan PKM dibagi menjadi dua yaitu pelatihan optimalisasi penggunaan media sosial dan e-commerce serta pelatihan pembuatan laporan keuangan, perencanaan keuangan pribadi, dan instrumen investasi. Kegiatan PKM ini berdampak secara langsung pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota Komunitas Odapus Lampung yang dapat terlihat dari hasil uji beda. Uji beda yang dilakukan dengan bantuan SPSS, data diperoleh dari penyembaran kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan dan dari uji beda diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.002, dapat disimpulkan adanya kegiatan PKM ini dapat meningkatkan keterampilan anggota komunitas tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahani, A., Ab. Rahim, N. Z., & Nilashi, M. (2017). Forecasting social CRM adoption in SMEs: A combined SEM-neural network method. Computers in Human Behavior, 75, 560-578.

Djafarova, E., & Trofimenko, O. (2019). ‘Instafamous’ – credibility and self-presentation of micro-celebrities on social media. Information, Communication & Society, 22(10), 1432-1446.

Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan Teknologi Augmented Reality bagi Siswa untuk meningkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19-30.

Fahmi, I. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hermanto, B., Lumbanraja, F. R., Tristiyanto, & Febriansyah, F. E. (2020). Pelatihan Desain Grafis untuk Peningkatan Keterampilan SDM Bagi Perangkat Desa Tambah Dadi Purbolinggo Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 79-86.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 227-238.

Odoom, R., Anning-Dorson, T., & Acheampong, G. (2017). Antecedents of social media usage and performance benefits in small- and medium-sized enterprises (SMEs). Journal of Enterprise Information Management, 30(3), 383-399.

Rizki, S., Farida, N., Sudarman, S. W., & ES, Y. R. (2020). Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Purwosari Kota Metro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 11-18.

Syarif, A., Heningtyas, Y., Aristoteles, & Shofiana, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Profil Usaha Kecil Menengah di Pekon Wonodadi Induk, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 1-10.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Ahluwalia, L., Permatasari, B., Husna, N., & Novita, D. (2021). Penguatan Sumber Daya Manusia Melalui Peningkatan Keterampilan Pada Komunitas ODAPUS Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 73-80. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.32

Issue

Section

Articles