Penerapan Dan Pelatihan e-Learning Pada SMA Tunas Mekar Indonesia

Authors

  • Ajeng Savitri Puspaningrum Universitas Teknokrat Indonesia
  • Erliyan Redy Susanto Universitas Teknokrat Indonesia
  • Neneng Neneng Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.34

Keywords:

e-learning, KBM, Moodle

Abstract

SMA Tunas Mekar Indonesia telah menggunakan aplikasi edmodo pada kegiatan KBM, namun kurang digunakan dengan maksimal karena aplikasi tersebut belum memiliki fungsi yang lengkap sesuai yang dibutuhkan para guru. Fungsi tersebut misalnya kontrol untuk memastikan siswa telah melakukan aktifitas pembelajaran. Dalam kegiatan ini kami mengusulkan penerapan sistem e-learning yang baru dengan mempertimbangkan fungsi-fungsi tambahan yang dibutuhkan untuk kegiatan pembelajaran menggunakan Modular Object Oriented Dinamic Learning Environment (Moodle). Metode yang digunakan pada adalah workshop dan pendampingan penggunaan sistem Moodle. Sistem telah diterapkan pada SMA Tunas Mekar Indonesia dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristoteles, Febriansyah, F. E., Syarif, A., & Miswar, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Di SMK Surya Dharma Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 21-28.

Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan Teknologi Augmented Reality bagi Siswa untuk meningkatkan Minat Belajar Bahasa Mandarin di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19-30.

Hidayatullah, M. F., Sasmito, G. W., & Sasongko, T. B. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Dalam Membuat E-Learning Bagi Guru SMK Dinamika Kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1), 8-14.

Huba, M., & Kozák, Š. (2016). From e-Learning to Industry 4.0. 2016 International Conference on Emerging eLearning Technologies and Applications (ICETA) (pp. 103-108). Stary Smokovec, Slovakia: IEEE.

Kosasi, S. (2015). Perancangan E-learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (pp. 82-88). Singaraja, Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Oliveira, A. C., Mattos, S., & Coimbra, M. (2017). Development and Assessment of an E-learning Course on Pediatric Cardiology Basics. JMIR Medical Education, 3(1), e10.

Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra, S. D. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series. 693, p. 012014. IOP Publishing.

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Puspaningrum, A. S., Susanto, E. R., & Neneng, N. (2021). Penerapan Dan Pelatihan e-Learning Pada SMA Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 91-100. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.34

Issue

Section

Articles