Pendampingan Kegiatan E-Commerce Pada Petani Aglaonema di Pekalongan Lampung Timur

Authors

  • Yeni Rahmawati ES Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nurul Farida Universitas Muhammadiyah Metro
  • Rina Agustina Universitas Muhammadiyah Metro
  • Jazim Ahmad Universitas Muhammadiyah Metro
  • Swaditya Rizki Universitas Muhammadiyah Metro

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.44

Keywords:

Aglaonema, E-Commerce, Tokopedia

Abstract

Minimnya pengetahuan petani aglaonema dalam memasarkan produknya secara online, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi petani aglaonema di  Desa Sidodadi Kecamatan Pekalongan Lampung Timur dalam pemanfaatan e-commerce. Pemasaran produksi secara online ini sangat dibutuhkan pada kondisi saat ini. Mitra dari program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para petani aglaonema di desa Sidodadi khususnya Dusun IV Desa Sidodadi Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April 2021. Metode pendekatan yang dilakukan adalah mengadakan pelatihan tentang tata cara pembuatan akun e-commerce menggunakan aplikasi penjualan online yang ada. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini adalah: (1) Meningkatnya pengetahuan petani tentang cara pembuatan akun penjualan secara online, (2) Meningkatnya pemahaman petani tentang cara menggunakan akun penjualan online yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aria, R. R. (2020). K-Means to Determine the e-commerce Sales Model in Indonesia. International Journal of Information System & Technology, 3(2), 166-172.

Candrawati, H., Sapari, D., Seto, T. A., Wahyudi, E., & Rahmida. (2020). Pemasaran Tanaman Hias Dalam Perspektif Ekologi Media Digital: Studi terhadap Kelompok Tani Bojongsari Baru Kota Depok. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 35-50.

Ermayda, R. Z., Nanda, H. I., & Narullia, D. (2019). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk PKK. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 80-84.

Fahrozi, W., Samsir, & Gunawan HTS, D. I. (2020). Penerapan E-Commerce Pada Toko Bunga Underwear. U-NET Jurnal Teknik Informatika, 4(1), 1-6.

Fithri, D. L., Utomo, A. P., & Nugraha, F. (2017). Pemanfaatan E-Commerce Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada KUB Bordir Kurnia Kudus. Jurnal SIMETRIS, 8(2), 819-824.

Lie, Y., Atmojo, R. N. P., & Muljo, H. H. (2019). The Effectiveness of O2O Strategy on E-Commerce Transactions. Journal The Winners, 20(1), 9-17.

Masykur, F., & Setyawan, M. B. (2019). Penerapan Smart E-Commerce Guna Pengembangan Produk Lokal Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo Pacitan. ADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24-30.

Monica, N., & Tama, A. I. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce. JRAK, 8(1), 27-41.

Mukuan, P. R. J. S., Lambey, L., & Rumokoy, F. S. (2019). A Comparative Analysis of Consumer Purchase Intention in Selecting Online Shop Using Analytical Hierarchy Process (AHP) Approach (Case Study: Lazada, Bukalapak, Tokopedia). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), 4571-4580.

Munawarah, Hayati, K., & Pulungan, D. A. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Melalui Inovasi Panganan Berbahan Dasar Labu Siam Dan Pelatihan E-Commerce Untuk Meningkatkan Ekonomi. PANRITA ABDI - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 136-145.

Pardede, C. R., Lapian, S. L. H. V. J., & Pandowo, M. (2018). The Influence of Perceived Value and Trust on Repurchase Intention in Shopee Online Shopping. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(1), 331-340.

Sapitri, N. A., & Fatimah, E. S. R. (2020). Pengaruh E-Commerce dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha pada Pedagang Online di Kota Makassar Dalam Perspektif Islam. EL-IQTISHOD Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 4(1), 46-63.

Supriyono, Arifin, M., & Nugraha, F. (2020). Implementasi CRM Berbasis E-Commerce Pada Rumah Makan Ulam Sari Kudus. Jurnal SIMETRIS: Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 11(1), 333-340.

Wijaya, E., & Saparso, S. (2019). Kepercayaan sebagai Variabel Intervening Pengaruh antara Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Tokopedia.com). KOMPETENSI - JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 14(2), 171-184.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

ES, Y. R. ., Farida, N., Agustina, R., Ahmad, J., & Rizki, S. (2021). Pendampingan Kegiatan E-Commerce Pada Petani Aglaonema di Pekalongan Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 147-156. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.44

Issue

Section

Articles