Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru MA Matha’ul Anwar Lampung Pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Arniza Fitri Universitas Teknokrat Indonesia
  • Farli Rossi Universitas Teknokrat Indonesia
  • Emi Suwarni Universitas Teknokrat Indonesia
  • Tri Darma Rosmalasari Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i3.50

Keywords:

Keterampilan Guru, Mathla’ul Anwar Labuhan Ratu, Pandemi Covid-19, Video Pembelajaran

Abstract

Pembatasan aktivitas tatap muka dalam proses belajar-mengajar di masa pandemi COVID-19 telah mendorong semua pihak akademik untuk mampu memanfaatkan teknologi dalam penyediaan materi pembelajaran yang menarik untuk siswa-siswi mereka. Video pembelajaran merupakan salah satu alat pembelajaran yang dapat diterapkan pada proses belajar-mengajar pada masa pandemi COVID-19. Dikarenakan rendahnya keterampilan para guru di MA Mathla’ul Anwar Labuhan Ratu, Bandar Lampung dalam hal teknologi, maka pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi adobe premiere dan filmora telah dilaksanakan secara tatap muka di salah satu laboratorium komputer di Universitas Teknokrat Indonesia (dengan mengikuti protokol Kesehatan). Setelah mengikuti pelatihan, para guru-guru MA Mathla’ul Anwar Labuhan Ratu, Lampung didapati mampu membuat video pembelajaran secara mandiri dengan persentase penguasaan sebesar 70% (bagi guru-guru yang berusia antara 20 - 30 tahun) dan 50 - 60% (bagi guru-guru yang berusia antara 40-50 tahun).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adobe Creative Team. (2013). Adobe Premiere Pro CS6 Classroom in a Book. California, USA: Adobe Press.

Ardiansyah, A., & Asfiyak, K. (2020). Pelatihan Merancang dan Mengembangkan Multimedia Pembelajaran untuk Guru di SD Negeri Bajangan Kabupaten Pasuruan. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 125-137.

Aristoteles, Febriansyah, F. E., Syarif, A., & Miswar, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Di SMK Surya Dharma Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 21-28.

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan. (2019). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74-85.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-33.

Gagné, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principles of Instructional Design (4th ed.). Fort Worth, USA: Harcourt Brace College Publishers.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & Saddhono, K. (2019). The Use of Wondershare Filmora Version 7.8.9 Media Apps in Flipped Classroom Teaching. Review of Computer Engineering Studies, 6(3), 51-55.

Kartikasari, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia: Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-77.

Muttaqin, E. N., & Purnama, B. E. (2012). Analisa Dan Perancangan Sistem Komputerisasi Pembelajaran Dengan Media Video Menggunakan Software Adobe Premiere Di SMK Wisudha Karya Kudus. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(1), 28-35.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 131-149.

Puspaningrum, A. S., Susanto, E. R., & Neneng. (2021). Penerapan Dan Pelatihan e-Learning Pada SMA Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 91-100.

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 32-39.

Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan SAVI Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1235-1241.

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Fitri, A., Rossi, F., Suwarni, E., & Rosmalasari, T. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru MA Matha’ul Anwar Lampung Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(3), 189-196. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i3.50

Issue

Section

Articles