Pelatihan Aplikasi Mathematica Untuk Pengajaran Matematika Berbasis STEM : Studi Kasus Materi Matematika SMA
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i3.55Keywords:
Mathematica, MGMP Kota Bandar Lampung, Pengajaran Matematika, SMA, STEMAbstract
Pengajaran matematika interaktif dapat didesain berbasis perangkat lunak. Pelatihan ini bertujuan memberikan wawasan dan kemampuan mendesain media pembelajaran matematika inovatif dengan menggunakan Mathematica®. Realisasi kegiatan di Sekretariat MGMP Matematika SMA Kota Bandar Lampung dengan luaran berupa media visual, modul dan artikel ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan diarahkan untuk pelatihan langsung teknik mendesain media pembelajaran. Tahapan kegiatan meliputi penyampaian konsep pembelajaran Science-Engineering-Technology-Mathematics (STEM) dan eksplorasi perangkat lunak Mathematica®. Kegiatan ini menggunakan metode diskusi, demonstrasi, dan praktikum. Hasil pretest terhadap peserta diketahui bahwa waktu elaborasi soal secara konvensional membutuhkan waktu lebih dari tiga menit untuk solusi-grafik sistem persamaan linear. Selain itu, peserta memerlukan waktu 3-10 menit untuk visualisasi sistem persamaan polinomial. Setelah kegiatan pelatihan, peserta membutuhkan waktu kurang dari dua menit untuk menampilkan hasil solusi sistem persamaan linear secara visual.
Downloads
References
Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Berlin, D. F., & Lee, H. (2005). Integrating Science and Mathematics Education: Historical Analysis. School Science and Mathematics, 105(1), 15-24.
Bybee, R. W. (2010). Advancing STEM Education: A 2020 Vision. Technology and Engineering Teacher, 70(1), 30-35.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities. Arrlington, Virginia, USA: NSTA Press.
El-Hamamsy, L., Bruno, B., Chessel-Lazzarotto, F., Chevalier, M., Roy, D., Zufferey, J. D., & Mondada, F. (2021). The symbiotic relationship between educational robotics and computer science in formal education. Education and Information Technologies, 26, 5077–5107.
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Ilmu (pp. 332-337). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios. 2016 49th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS) (pp. 3928-3937). Koloa, HI, USA: IEEE.
Hynes, M. M., & dos Santos, A. R. (2007). Effective Teacher Professional Development: Middle-School Engineering Content. International Journal of Engineering Education, 23(1), 24-29.
Khoiri, A. (2019). Studi Meta Analisis: Pengaruh STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematic) terhadap Hasil Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(1), 71-82.
Kristanti, I., Sumardi, & Umamah, N. (2019). The Character-Based Modules and Their Influence on Historical Awareness of Students of Class XI MIPA 4 SMAN Pasirian. Jurnal Historica, 3(1), 78-89.
Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform (JAR), 5(4), 200-212.
Rustaman, N. Y. (2016). Pembelajaran Sains Masa Depan Berbasis STEM Education. Prosiding Semnas Bio-Edu 1 (pp. 1-17). Padang: Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat. Retrieved from http://semnasbioedu.stkip-pgri-sumbar.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/prosiding-semnas-bioedu-1.pdf
Umamah, N. (2015). Teachers, Innovative Instructional Design and Good Character in Information Era. Proceeding of International Seminar Education for Nation Character Building (pp. 231-235). Tulungagung: STKIP PGRI Tulungagung. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/80152/TEACHERS%2C%20INNOVATIVE%20INSTRUCTIONAL%20DESIGN%20AND%20A%20GO0D%20CHARACTER%20IN%20INFORMATION%20ERA.pdf?sequence=1
Wolfram. (2021). Wolfram in STEM/STEAM. Retrieved September 6, 2021, from Wolfram: https://www.wolfram.com/education/stem/
You, H. S., Chacko, S. M., & Kapila, V. (2021). Examining the Effectiveness of a Professional Development Program: Integration of Educational Robotics into Science and Mathematics Curricula. Journal of Science Education and Technology, 30, 567–581.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 La Zakaria, Agus Sutrisno, Dorrah Aziz, Mapful Mapful, Effendi Effendi, Maria Maria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.