Strategi Pemberdayaan UKM Sarabba Rajana Yang Berdaya Saing di Pasar Produk Minuman Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i3.57Keywords:
Luwu Utara, Minuman Tradisional, Sarabba, Sulawesi SelatanAbstract
UKM Sarabba Rajana memproduksi Sarabba instant, minuman tradisional khas Sulawesi Selatan. UKM Sarabba Rajana terletak di Luwu Utara yang berjarak sekitar 500 km dari Makassar ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. UKM ini belum berkembang karena jauh dari pusat bisnis Sulawesi Selatan dan produknya belum dikenal dan mampu bersaing secara regional. Pada tahun 2021 tim pengabdian kepada Masyarakat (PKM) UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan penyuluhan, pelatihan, pengembangan merek, adaptasi mitra pada teknologi, pembentukan dan pengembangan jejaring untuk UKM ini. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai metode PRA (Participatory Rural Appraisal), PLA (Participatory Learning Action) untuk meningkatkan kapasitas mitra. Dampak PKM pada UKM ini adalah produk yang marketable, produk terstandarisasi sesuai regulasi pemerintah, brand Sarabba Rajana dikenal secara luas, penetrasi pasar yang kuat sehingga menjadi oleh-oleh khas Makassar. Selain itu, pemerintah kabupaten Luwu Utara menyatakan UKM ini berpredikat unggul sehingga dapat menjadi model keberhasilan UKM.
References
Djuwadi, H. I. (2007). Smarter Marketing Moves. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Karsidi, R. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Usaha Kecil dan Mikro (Pengalaman Empiris di Wilayah Surakarta Jawa Tengah). Jurnal Penyuluhan, 3(2), 136-145.
Kementerian Sekretariat Negara RI. (2008, Juli 4). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Retrieved Agustus 23, 2021, from Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Kementerian Sekretariat Negara, Republik Indonesia: https://jdih.setneg.go.id/viewpdfperaturan/UU%20Nomor%2020%20Tahun%202008.pdf
Nurisusilawati, & Subagyo. (2016). Penentuan Strategi Saluran Distribusi Berdasarkan Karakteristik Produk Sukses. Forum Teknik, 37(1), 49-57.
Purnama, C. M. L. (2004). Strategic Marketing Plan: Panduan Lengkap dan Praktis Menyusun Rencana Pemasaran yang Strategis dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosmadi, M. L N., & Romdonny, J. (2018). Pengaruh Merek, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bola Sepak. IKRA-ITH HUMANIORA, 2(2), 82-89.
Suarsa, P. W., & Sutajaya, I. M. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Ergo-entrepreneurship untuk Mengembangkan Pengetahuan dan Sikap Kewirausahaan serta Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kuliner Lokal di Desa Peliatan, Ubud, Gianyar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 609-622.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 M. Husain Kasim, Rukmowati Brotodjojo, Wilis Kaswidjanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.