PKM Penyiapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kesiapan Kerja 4.0 Bagi Guru SMK Kimia Industri Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i2.84Keywords:
Integrasi Kesiapan Kerja 4.0, Perangkat Pembelajaran, SMK Kimia IndustriAbstract
Tingginya angka pengangguran lulusan SMK menunjukkan adanya persoalan kompetensi keahlian siswa lulusan SMK Kimia Industri yang kurang memenuhi persyaratan sebagaimana diharapkan oleh industri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP berbasis kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0 pada SMK Kimia Industri di Kota Semarang. Program aksi yang dilakukan adalah (1) observasi mitra pengabdian dan penyusunan angket evaluasi; (2) persiapan sarana dan prasarana pelatihan; (3) persiapan konsep RPP yang akan diberikan pada workshop; (4) workshop perangkat pembelajaran berbasis kesiapan kerja 4.0; (5) pendampingan, evaluasi, dan pengumpulan produk hasil workshop. Kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru. Peserta telah berhasil mengintegrasikan aspek-aspek employability skill yaitu komunikasi, kerjasama, pemecahan masalah, prakarsa dan berusaha, mengelola diri, merencanakan dan mengatur kegiatan, belajar, menggunakan teknologi, serta aspek K3 dalam perangkat pembelajarannya.
Downloads
References
Blokker, R., Akkermans, J., Tims, M., Jansen, P., & Khapova, S. (2019). Building a sustainable start: The role of career competencies, career success, and career shocks in young professionals' employability. Journal of Vocational Behavior, 112, 172-184.
Bozionelos, N., Lin, C.-H., & Lee, K. Y. (2020). Enhancing the sustainability of employees' careers through training: The roles of career actors' openness and of supervisor support. Journal of Vocational Behavior, 117.
BPS. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan 2019-2021. Retrieved Januari 10, 2022, from Website Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/indicator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
Gill, R. (2018). Building Employability Skills for Higher Education Students: An Australian Example. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 9(1), 84-92.
Hartanto, C. F. B., Rusdarti, & Abdurrahman. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas). 2, pp. 163-171. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hasanefendic, S., Heitor, M., & Horta, H. (2016). Training students for new jobs: The role of technical and vocational higher education and implications for science policy in Portugal. Technological Forecasting and Social Change, 113(B), 328-340.
Herbert, I. P., Rothwell, A. T., Glover, J. L., & Lambert, S. A. (2020). Graduate employability, employment prospects and work-readiness in the changing field of professional work. The International Journal of Management Education, 18(2).
Kemendikbudristek RI. (2020). Program Kerja 2021 Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, RI.
Khurniawan, A. W., Erda, G., & Majid, M. A. (2019). Profil Lulusan SMK Terhadap Tingkat Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia Tahun 2018/2019. Vocational Education Policy, White Paper, 1(9), 1-21.
Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2007). Implementing the Four Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. San Fransisco: Berret-Koehler Publishers.
Lenihan, S., Foley, R., Carey, W. A., & Duffy, N. B. (2020). Developing engineering competencies in industry for chemical engineering undergraduates through the integration of professional work placement and engineering research project. Education for Chemical Engineers, 32, 82-94.
Márquez-García, M. J., Kirsch, W., & Leite-Mendez, A. (2020). Learning and collaboration in pre-service teacher education: Narrative analysis in a service learning experience at Andalusian public schools. Teaching and Teacher Education, 96, 1-10.
Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa Indikator SMK Penyumbang Pengangguran di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education, 2(2), 29-36.
Wildan. (2017). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran bagi Guru. Jurnal Society, 8(1), 41-63.
Yakin, M. I., Kartono , & Susilaningsih, E. (2020). Development of Assessment Instruments The Learning Process Chemistry Based Scientific Approach to High School Students. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 9(1), 31-39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Harjono, Willy Tirza Eden, Endah Widhihastuti, M. Kholid Baror Abadi, Senda Kartika Rakainsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.