Pelatihan Matematika Realistik sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Geometri Matematika Siswa SD Negeri 04 Indralaya Selatan
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i2.88Keywords:
Desa Beti, Geometri, Matematika, Matematika Realistik, Sekolah DasarAbstract
Matematika memiliki sifat abstrak yang menyebabkan kesulitan penerapan materi bagi kebanyakan peserta didik khususnya di SD Negeri 04 Indralaya Selatan. Pengamatan ini dilakukan selama 3 bulan pada bulan Oktober hingga Desember 2020. Salah satu metode belajar yang dapat menjembatani ilmu matematika yang abstrak ke dunia nyata bagi peserta didik adalah matematika realistik. Metode ini disampaikan dalam materi geometri dengan metode ceramah dan juga kegiatan praktik. Pencapaian kemampuan awal peserta didik hanya berkisar pada rata-rata nilai 55. Setelah dilakukan pengajaran materi geometri dengan pendekatan matematika realistik selama 2 bulan, nilai rata-rata naik hingga 77,5. Peningkatan yang cukup signifikan ini menunjukkan metode matematika realistik mampu memberikan pemahaman yang baik bagi peserta didik dan dapat mempermudah tenaga pengajar untuk menyampaikan materi di kelas.
Downloads
References
Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52. doi:https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121-129.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). SD NEGERI 04 INDRALAYA SELATAN. Retrieved Juni 7, 2022, from Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah: https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/04542088A924C06E8C56
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Dikma : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 250-258.
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70-79.
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 58-71. doi:https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematik. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Suda, I. K. (2016). Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Denpasar: Universitas Hindu Indonesia.
Yuniarti, Y. (2016). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). doi:https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2809
Yurniwati. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa kelas IV SDN se Jakarta Timur. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 21-26). Yogyakarta: UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Anita Desiani, Rifa Fadhila Nugrohoputri , Des Alwine Zayanti, Ali Amran, Henny Nur Syafitri, Indri Yune Savira, Clarita Margo Uteh, Assaidah Assaidah, Yulinar Adnan, Fitri Suryani Arsyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.