Pelatihan Matematika Realistik sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Geometri Matematika Siswa SD Negeri 04 Indralaya Selatan

Authors

  • Anita Desiani Universitas Sriwijaya
  • Rifa Fadhila Nugrohoputri Universitas Sriwijaya
  • Des Alwine Zayanti Universitas Sriwijaya
  • Ali Amran Universitas Sriwijaya
  • Henny Nur Syafitri Universitas Sriwijaya
  • Indri Yune Savira Universitas Sriwijaya
  • Clarita Margo Uteh Universitas Sriwijaya
  • Assaidah Assaidah Universitas Sriwijaya
  • Yulinar Adnan Universitas Sriwijaya
  • Fitri Suryani Arsyad Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i2.88

Keywords:

Desa Beti, Geometri, Matematika, Matematika Realistik, Sekolah Dasar

Abstract

Matematika memiliki sifat abstrak yang menyebabkan kesulitan penerapan materi bagi kebanyakan peserta didik khususnya di SD Negeri 04 Indralaya Selatan. Pengamatan ini dilakukan selama 3 bulan pada bulan Oktober hingga Desember 2020. Salah satu metode belajar yang dapat menjembatani ilmu matematika yang abstrak ke dunia nyata bagi peserta didik adalah matematika realistik. Metode ini disampaikan dalam materi geometri dengan metode ceramah dan juga kegiatan praktik. Pencapaian kemampuan awal peserta didik hanya berkisar pada rata-rata nilai 55. Setelah dilakukan pengajaran materi geometri dengan pendekatan matematika realistik selama 2 bulan, nilai rata-rata naik hingga 77,5. Peningkatan yang cukup signifikan ini menunjukkan metode matematika realistik mampu memberikan pemahaman yang baik bagi peserta didik dan dapat mempermudah tenaga pengajar untuk menyampaikan materi di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52. doi:https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121-129.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2021). SD NEGERI 04 INDRALAYA SELATAN. Retrieved Juni 7, 2022, from Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah: https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/04542088A924C06E8C56

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Dikma : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 250-258.

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70-79.

Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 58-71. doi:https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.58-71

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematik. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Suda, I. K. (2016). Pentingnya Media Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Denpasar: Universitas Hindu Indonesia.

Yuniarti, Y. (2016). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri di Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). doi:https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2809

Yurniwati. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa kelas IV SDN se Jakarta Timur. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 21-26). Yogyakarta: UNY.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Desiani, A., Nugrohoputri , R. F., Zayanti, D. A., Amran, A., Syafitri, H. N., Savira, I. Y., Margo Uteh, C., Assaidah, A., Adnan, Y., & Arsyad, F. S. (2022). Pelatihan Matematika Realistik sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Geometri Matematika Siswa SD Negeri 04 Indralaya Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(2), 149-158. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i2.88

Issue

Section

Articles