Pelatihan Tableau bagi Guru SMA di Lampung untuk Peningkatan Kompetensi Analisis Data
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v6i3.241Keywords:
Analisis Data, Guru, Kompetensi, Pelatihan, TableauAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA se-Provinsi Lampung dalam melakukan visualisasi dan analisis data melalui pelatihan penggunaan Tableau, sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan grafik, tabel, dan dashboard interaktif secara intuitif tanpa memerlukan keahlian pemrograman. Pelatihan yang dilaksanakan di SMKS Miftahul Ulum Lampung ini terdiri atas tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan pelaporan. Metode pelatihan mencakup ceramah interaktif, praktik, dan presentasi hasil kerja peserta, yang diakhiri dengan pengisian kuesioner. Kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebelum pelatihan hanya 11,1% peserta yang telah mengenal Tableau, sedangkan setelah pelatihan 100% peserta menyatakan tertarik menggunakan Tableau dan 83,3% menyatakan memahami materi yang disampaikan dengan sangat baik.
Downloads
References
Al-Amien, M. M., & Hasanah, E. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Penggunaan Teknologi untuk Pembelajaran di SMK. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-135. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2164
Badan Pusat Statistik. (2024). Wajah pendidikan Indonesia. BPS.
Darman, R. (2018). Pembangunan Dashboard Lokasi Rawan Tanah Longsor di Indonesia Menggunakan Tableau, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 4(2), 256-269. DOI: 10.28932/jutisi.v4i2.779
Datnow, A., & Hubbard, L. (2015). Teachers’ use of assessment data to inform instruction: Lessons from the past and prospects for the future. Teachers College Record, 117(4), 1–26.
DeWitt, P. M. (2019). The instructional leadership toolbox: A handbook for improving practice (2nd ed.). Corwin Press.
Effendy, I., Widayati, Q., & Sepriansyah, R. PemanfaatanSoftwareTableauDalamPembuatan Dashboard Bencana Karhutla Di BPBD Sumatera Selatan, JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), 1(2), 132-141. DOI: https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i1
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen.
Kementerian Komunikasi dan Informatika & Katadata Insight Center. (2022). Survei indeks literasi digital nasional 2022.
Knaflic, C. N. (2015). Storytelling with data: A data visualization guide for business professionals. John Wiley & Sons.
Mahendra, G. S., Darmawiguna, I. G. M., Wirawan, I. M. A., & Aryanto, K. Y. E. (2024). Implementasi visualisasi data keterampilan TIK remaja di Indonesia menggunakan BI Roadmap pada Tableau. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2). https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1481
Malik, M. H. A., Andrian, R. & Utami, Y. T. (2023) Analisis Visualisasi Data Prestasi Mahasiswa Universitas Lampung Menggunakan Tableau, Jurnal Pepadun, 4(2): 158-165. doi: 10.23960/pepadun.v4i2.172
Mandinach, E. B., & Gummer, E. S. (2016). Data literacy for educators: Making it count in teacher preparation and practice. Teachers College Press.
Pahlawan University. (2023). Laporan pelatihan literasi data pada guru SMA Negeri 1 Batang Kuis.
Sariasih, F. A. (2023). Implementasi Business Intelligence Dashboard dengan Tableau Public untuk visualisasi provinsi rawan banjir di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4715.
Silvana, M., Akbar, R., dan Tifani, R. (2017). Penerapan Dashboard System di Perpustakaan Universitas Andalas Menggunakan Tableau Public. Semin. Nas. Sains dan Teknol. 1-6.
SINDOnews. (2024). Literasi digital baru mencapai 62 persen: Tantangan dunia pendidikan Indonesia. SINDOnews.com.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bernaditha Herindri Samodera Utami, Fitriani Fitriani, Ahmad Faisol, Aang Nuryaman, Desiana Putri, Fitriana Hasnani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.