Peningkatan Literasi Digital Siswa SD Negeri 1 Bugeman Melalui Program Kreativitas Kelas Inspirasi Berbasis Digital
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v5i1.120Keywords:
Kelas Inspirasi, Pengembangan Siswa, Teknologi DigitalAbstract
Pelaksanaan program KKN dalam bentuk Kelas Inspirasi dimaksudkan untuk mengembangkan kualitas siswa SD Negeri 1 Bugeman. Pemanfaatan gadget dan media sosial oleh siswa sekolah dasar masih kurang terarah dan berpotensi negatif. Kegiatan ini berfokus pada sosialisasi dan implementasi penggunaan sosial media kepada siswa. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang penggunaan gadget dan media sosial sehingga mendorong pemanfaatan gadget sebagai alat pembelajaran, serta mengurangi penggunaan yang negatif. Kegiatan diakhiri dengan workshop digital kreasi dan pameran agar literasi digital siwa dapat meningkat. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam menggunakan gadget dengan bijak, pemanfaatan media sosial yang bertanggung jawab, serta hasil kreatif dalam desain grafis, fotografi, dan videografi.
Downloads
References
Asmono, S. L., Mayasari, F., & Sari, V. K. (2018, September 3). Pengenalan Ecopreneurship Melalui Pembuatan Glowing Horty di SMA Pahlawan Jember. Retrieved Agustus 3, 2023, from Prosiding: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/737
Boyd, D. M., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13(1), 210-230. doi:https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00393.x
Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 4(1), 1-22. doi:https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22
Eliyatiningsih, Sari, V. K., & Sukri, M. Z. (2019, Februari 27). Increasing Knowledge and Skills of Disabilities through Training in Cultivation in Organic Vegetables and Ornamental Plants. Retrieved from Proceeding of the 1st International Conference on Food and Agriculture: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/ProceedingICOFA/article/view/1384
Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.
Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Livingstone, S., & Helsper, E. (2010). Balancing opportunities and risks in teenagers’ use of the internet: the role of online skills and internet self-efficacy. New Media & Society, 12(2), 309-329. doi:https://doi.org/10.1177/1461444809342697
Livingstone, S., Mascheroni, G., & Staksrud, E. (2018). European research on children’s internet use: assessing the past and anticipating the future. New Media and Society, 20(3), 1-23. doi:DOI: 10.1177/1461444816685930
Murniyetti, Engkizar, & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 156-166. doi:https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37. doi:http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(2), 249-258. doi:https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laura Ro Vega Br. Hutauruk, Windatul Umroh, Lilo Al Fiqriansyah, Alivia Nur Shafira, Shelsa Novita Na'immatul Jannah, Rekzy Pradwipta Kaisardi, Vega Kartika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.