Pelatihan Literasi Digital dan Aplikasi Canva bagi Siswa-Siswi SMA BIMA Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v5i3.175Keywords:
Canva, Literasi digital, Pelatihan, Siswa SMAAbstract
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat dan kompetensi digital menjadi hal yang penting bagi peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya literasi digital dan pengenalan serta praktek penggunan aplikasi Canva. Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi SMA Bima Ambulu. Metode pelaksanaan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sosialisasi yang disampaikan tentang pentingnya literasi digital dan manfaat penggunaan Canva. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek menggunakan Canva untuk membuat powerpoint dan poster. Evaluasi dilakukan melalui pre dan posttest, serta tugas individu. Kegiatan ini dikatakan berhasil karena terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Keberhasilan kegiatan karena antusias peserta, serta dukungan dari pihak sekolah.
References
Adawiyah, A., Munsi, M. F., & Hasanah, A. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding 3rd National Conference on Education of Suryakanta, 6(1), 183–187. Retrieved Mei 30, 2024, from https://www.researchgate.net/publication/331982362
Asih, N. K. N. (2019). Penerapan Metode Pemberian Tugas Individu Dalam Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 1 Sudaji Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 93-100.
Budha, A. T., Sari, V. K., Husnawati, A. M., Oktavia, D. J., Arista, I. D., Siswanti, P. A., . . . Haryanto, W. (2023). Sosialisasi Manfaat Tanaman Toga Dan Pendampingan Praktek Budidaya Bagi Ibu-Ibu PKK Di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung, Jember. PAPUMA: Journal of Community Services, 1(1), 17-22. doi:https://doi.org/10.19184/papuma.v1i01.640
Chairuddin, Asra, S., Rahman, A., & Wibowo, G. A. (2022). Pelatihan Pengenalan Literasi Digital Bagi Siswa SMP Negeri 7 Langsa. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 1(2), 197-208. doi:https://doi.org/10.57248/jilpi.v1i2.46
Dirgantara, Y., A'yun, L. Q., Audio, B. I., Sari, B. P., Shidqi, N. F., Hasanah, L., . . . Sari, V. K. (2024). Pengembangan Kelas Edukasi di Gubuk Pustaka Ndalung Desa Ajung Kabupaten Jember. AKSILAR: Akselerasi Luaran Pengabdian Masyarakat, 1(2), 39-45. doi:https://doi.org/10.19184/aksilar.v1i2.848
Gusti, E. S., & Kurniawati, W. (2022). Perbedaan Pemberian Tugas Kelompok dan Pemberian Tugas Individu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II di SD Negeri Mejing 2 Gamping Sleman. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta. Retrieved Juni 6, 2024, from http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3623
Nur, N., Sulfayanti, & Irianti, A. (2022). Pelatihan Microsoft Word dan Microsoft Excel pada Siswa SMK Negeri 1 Tinambung. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 4(2), 81-87. doi:https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.1349
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209-213. doi:https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.952
Sari, V. K., Mandala, M., Basuki, & Utami, R. A. (2023). Pengembangan Pertanian Terpadu di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember melalui Pengkayaan Pupuk Organik dengan Mikroba Fungsional. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 20-24. doi:10.29303/jpmpi.v6i1.2205
Yahya, I. M. (2019). Literasi Media Digital Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Pada Siswa SMA Negeri 1 Mayong. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved Juni 18, 2024, from https://lib.unnes.ac.id/33441/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vega Kartika Sari, Riza Yuli Rusdiana, Halimatus Sa’diyah, Kacung Hariyono, Sri Hartatik, Rio Tito Andreano, Muhammad Irfan Maulana, Hasan Fikri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.