Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile untuk Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sekolah Menengah di Lampung
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i3.121Keywords:
Android, Aplikasi Mobile, Guru TIKAbstract
Aplikasi mobile dimanfaatkan untuk berbagai tujuan di tengah persaingan dan era digitalisasi bisnis seperti layanan pelanggan, pemasaran berbasis mobile, pengembangan produk bahkan pengumpulan data pelanggan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk kegiatan pelatihan pengenalan pembuatan aplikasi mobile bagi Guru TIK Sekolah Menengah di Lampung. Pembuatan aplikasi mobile menjadi hal yang penting dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan aplikasi mobile sangat pesat, tetapi pembelajaran mengenai pembuatan aplikasi mobile masih jarang dalam kegiatan belajar mengajar karena permasalahan terkait rendahnya pengetahuan dan keterampilan guru TIK dalam membuat aplikasi mobile. Berdasarkan permasalahan tersebut, diadakan pelatihan untuk membantu guru TIK memahami teknologi dan bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat aplikasi mobile. Tahapan pelatihan ini meliputi survei, demonstrasi, diskusi dan praktik. Hasil dari pelatihan ini menunjukan bahwa pengetahuan guru-guru TIK sekolah menengah di Lampung bertambah terkait pembuatan aplikasi mobile.
Downloads
References
Ermawati. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik dengan Metode Diskusi Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-10. doi:10.56393/pijar.v2i1.1553
Hanum, Z. (2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Diambil kembali dari Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
Islam, M. R., Islam, M. R., & Mazumder, T. A. (2010). Mobile Application and Its Global Impact. IJET-IJENS: International Journal of Engineering & Technology, 10(6), 72-78.
Kelana, I. (2022). FGTIKKNAS Gelar Webinar Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Diambil kembali dari Republika: https://republika.co.id/berita/rfej2r374/fgtikknas-gelar-webinar-informatika-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka
Maidiana. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY: Journal of Education, 1(2), 20-29. doi:10.52121/alacrity.v1i2.23
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Diambil kembali dari Database Peraturan BPK: https://peraturan.bpk.go.id/Details/216104/permendikbud-no-16-tahun-2007
Mewengkang, A., Lumapow, H. R., Lengkong, J., Rotty, V., & Tuerah, I. J. (2021). E-Modul Pembelajaran Berbasis Android untuk Sekolah Menengah Kejuruan. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 591-596. doi:10.53682/edutik.v1i5.3142
Nawi, A. (2014). Potensi Penggunaan Aplikasi Mudah Alih (Mobile Apps) dalam Bidang Pendidikan Islam. O-jIE: The Online Journal of Islamic Education, 2(2), 26-35.
Pardede, P., & Sunarto. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah di Jakarta dan Sekitarnya. JDP: Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 226-237.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android. Prosiding PEPADU: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (hal. 259-272). LPPM Universitas Mataram.
Santos, A., Kroll, J., Sales, A., Fernandes, P., & Wildt, D. (2016). Investigating the Adoption of Agile Practices in Mobile Application Development. Proceedings of the 18th International Conference on Enterprise Information Systems (ICEIS). 1, hal. 490-497. Rome: SciTePress. doi:10.5220/0005835404900497
Siagian, G. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Arthropoda di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5802-5809. doi:10.31004/basicedu.v5i6.1498
Suharti, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019/2020 (Studi Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan pada Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah). PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44-60. doi:10.47006/pendalas.v1i1.64
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rico Andrian, Dwi Sakethi, Rahman Taufik, Muhaqiqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.