Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Metro Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis IT
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i2.123Keywords:
Digital Learning, iSpring, IT, Media Pembelajaran InteraktifAbstract
Pendidikan di era digital menuntut inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran. Penggunaan IT menjadi inovasi dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan berdaya guna. Mahasiswa keguruan program studi Tadris Matematika IAIN Metro harus meningkatkan kemampuannya dalam menciptakan media pembelajaran interaktif berbasis IT. Melalui pelatihan intensif, mahasiswa keguruan membuat media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring. Mereka memahami bagaimana iSpring dapat digunakan untuk menciptakan presentasi multimedia dan kuis interaktif yang mendukung pembelajaran matematika. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa program studi Tadris Matematika IAIN Metro dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis IT menggunakan iSpring. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, dan diskusi. Pelatihan berjalan dengan lancar dengan melihat antusiasme peserta pelatihan dalam menerima materi dan berdiskusi selama kegiatan berlangsung. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata yang semula 39,1 poin pada pre-test menjadi 64,4 poin pada hasil post-test.
Downloads
References
Ahmad, N., Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70-79.
Askarasoft. (2023). Aplikasi iSpring. Retrieved from iSpring Indonesia: https://ispringindonesia.com/tag/aplikasi-ispring/
Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81-88.
Firdha, N., & Zulyusri. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101-106. doi:https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.
Maryani, L., Wahyudin, M., & Sopiansah, V. A. (2017). Improvement of Student Critical Thinking About Using Discussion Learning. International Conference on Economics, Business and Economic (pp. 989-1000). KnE Social Sciences.
Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019 (pp. 93-98). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Prasetyo, M. T. (2020). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. ICO EDUSHA 2020 (pp. 134-138). Sidoarjo: STAI An-Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo.
Rochma, V. A., & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis iSpring Suite 8 Pada Materi Bakteri Untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(2), 312-320.
Silmi, T. A., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1), 44-52. doi:https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Syahputra, M. C. (2020). Pengembangan Model ADDIE dalam Media Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 104-113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yunda Heningtyas, Rizky Prabowo, Fertilia Ikashaum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.