Pelatihan Pembuatan Video Profil Usaha Kecil Menengah di Pekon Wonodadi Induk, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu

Authors

  • Admi Syarif Universitas Lampung
  • Yunda Heningtyas Universitas Lampung
  • Aristoteles Aristoteles Universitas Lampung
  • Dewi Asiah Shofiana Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.8

Keywords:

video profile, video company profile, pekon Wonodadi

Abstract

Video profil menjadi media yang semakin banyak digunakan dalam menyampaikan informasi terkait suatu organisasi, produk, ataupun jasa, terutama di era digitalisasi seperti saat ini. Penggunaan video profil di bidang usaha industri dikenal sebagai salah satu teknik mempromosikan produk secara singkat dan efisien, serta mampu menjangkau kalangan yang lebih luas. Pekon Wonodadi merupakan desa binaan yang memiliki banyak usaha kecil dan menengah yang dibangun oleh masyarakat. Sayangnya, penjualan dan teknik promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha Pekon Wonodadi masih secara konvensional dan terbatas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan kepada masyarakat di salah satu desa binaan Universitas Lampung, yaitu Pekon Wonodadi, terkait pembuatan video profil usaha kecil dan menengah menggunakan Filmora 9. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dalam kurun waktu 6 bulan telah berhasil meningkatkan pengetahuan pelaku usaha Pekon Wonodadi serta membantu mereka untuk dapat memperluas promosi produknya dengan pengembangan video yang dapat diunggah di media sosial maupun situs lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chapman, N., & Chapman, J. (2000). Digital Multimedia. New Jersey: Wiley.

Effendy, H. (2009). Mari Membuat Film: Panduan Menjadi Producer. Jakarta: Erlangga.

Haryanto, T., & Nugroho, S. (2015). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi Perusahaan Pada Pt. Propan Raya Icc Semarang Tri. Jurnal Ilmiah, 8(1), 46-52.

Herdiana, D. (2019). Pengembangan Konsep Smart Village bagi Desa-Desa di Indonesia. Iptek-Kom, 21(1), 1-16. doi:10.33164/iptekkom.21.1.2019.hal.

Jarwati, S., & Nugroho, G. K. (2014). Pembuatan Video Profil Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar Berbasis Multimedia. Jurnal IJSS, 6(4), 12-20. doi:http://dx.doi.org/10.3112/speed.v6i4.1062

Lampungsae. (2017). Inilah 10 Media Sosial Paling Efektif untuk Promosi Bisnis dan Produk. Retrieved from Lampungsae: www.lampungsae.com

Permana, A. A., Kertiasih, N. K., & Budhayasa, I. P. (2017). Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 238-247. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jst-undiksha.v6i2.10705

Rimayanti, N., Yulianti, A., Nasution, B., & Lubis, E. E. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. IT Journal Research and Development (ITRJD), 3(2), 84-95. doi:10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499

Sunaryo, S. (2004). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Fisika Listrik. Jurnal Edukasi Elektro.

Tucker, R. N., & Barker, J. (1990). The Interactive Learning Revolution: Multimedia in Education and Training. Pennsylvania: Kogan Page.

Downloads

Published

2020-11-13

How to Cite

Syarif, A., Heningtyas, Y., Aristoteles, A., & Shofiana, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Profil Usaha Kecil Menengah di Pekon Wonodadi Induk, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.8

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)