Peningkatan Produktivitas Pemasaran UMKM di Desa Sungsang II Melalui Peningkatan Kemasan Produk
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v5i2.162Keywords:
Kemasan, Pemasaran, UMKMAbstract
Kegiatan peningkatan produktivitas pemasaran UMKM di Desa Sungsang II difokuskan pada peningkatan kualitas kemasan produk untuk meningkatkan daya tarik dan daya saing produk lokal di pasaran. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya kemasan yang menarik dalam meningkatkan nilai jual produk. Metode yang digunakan meliputi pelatihan praktis mengenai desain kemasan, pemilihan bahan, dan strategi pemasaran daring. Hasilnya menunjukkan peningkatan kesadaran pelaku UMKM untuk menerapkan pada produknya, meskipun 63% diantaranya masih menghadapi tantangan akibat keterbatasan modal, kemampuan teknis, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan akses terhadap alat dan bahan kemasan. Maka diperlukan upaya pendampingan berkelanjutan, akses permodalan, dan penyediaan bahan kemasan yang terjangkau agar dapat memberikan hasil yang optimal.
Downloads
References
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 4(1), 69-76. doi:https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732
Erlyana, Y. (2019). Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model View: Studi Kasus Keripik Maicih. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur. 2, pp. 302-308. Denpasar: Sekolah Tinggi Desain Bali. Retrieved Februari 8, 2024, from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/203
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. Retrieved Februari 2024, 6, from https://ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Mashadi, & Munawar, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.1402
Putra, R. P., & Iriananda, S. W. (2020). Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital Produk UMKM Tisya Herbal di Desa Mulyoarjo. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH). 3, pp. 1237-1244. Malang: Universitas Widyagama Malang.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71. doi:https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Samodro, D., Ummah, A., & Wahidin, D. T. S. (2024). Pemanfaatan Lokapasar Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran Digital Bagi Potensi Ekonomi Desa Baros, Kabupaten Serang. IKRA-ITH ABDIMAS, 8(2), 22-29. doi:https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i2.3013
Suryani, E., & Yulius, M. N. (2017). Faktor-faktor Desain Kemasan Makanan Ringan Tradisional. Jurnal Teknik Industri Universitas Bung Hatta, 6(2), 47-55.
Suryati, I. (2021). Pengaruh Ukuran Usaha dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bidang Jasa atau Pelayanan Laundry di Kecamatan Makasar Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Unsurya, 1(1), 18-30.
Yuliani, R., & Widyakanti. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71-76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ellis Nurjuliasti Ningsih, Heron Surbakti, Dwi Puspa Indriani, Andi Agussalim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.