Peningkatan Potensi Desa Dengan Personal Branding Produk
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.108Keywords:
Kemasan, Merek, Produk, Promosi, UMKMAbstract
Di era saat ini, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi level usaha yang mendominasi usaha di Indonesia. Namun, masih banyak pelaku UMKM, termasuk di Desa Kota Besi yang tidak mementingkan merek dagang dan kemasan yang digunakan. Selain itu, produk yang dihasilkan hanya diperjualbelikan di sekitar desa saja. Padahal, dengan adanya perkembangan teknologi ini, pelaku UMKM perlu menyiapkan strategi seperti menawarkan produknya secara online karena sebagian besar konsumen cenderung mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih. Agar tidak kalah saing, pelaku UMKM juga perlu memperbaiki kualitas kemasan agar lebih menarik konsumen untuk membeli produk dan memiliki merek dagang yang menjadi ciri khas produk sehingga lebih dikenal. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai agent of change berkewajiban untuk memberi pemahaman dan pelatihan kepada pelaku UMKM sehingga nantinya produk yang dihasilkan memiliki nilai jual tinggi dan meningkatkan pendapatan. Kegiatan ini berjalan dengan baik berkat dukungan dari tim pengabdian KKN, kepala desa, maupun pelaku UMKM.
Downloads
References
Choirunnisa, A. (2020). Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi Koperasi Nusa Sejahtera, Jurnal Seni dan Desain, 2(1), 27-34.
Hartawan, E., Delfin, L., Marc, R., Geraldo, E., & Handyanto, W. (2021). Pengaruh Iklan di Media
Sosial Instagram terhadap Minat Beli Masyarakat pada E-Commerce, Jurnal Ilmiah Manajemen
Bisnis Dan Inovasi, 8(1), 217-228.
Prabhowo. (2018). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk terhadap Keputusan
Pemberian Impulsif (Studi pada Produk Kopi Good Day di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas
Islam Indonesia.
Suhaeni, T. et al. (2020) Program Kemitraan Masyarakat: Pembuatan Identitas Merek dan Pembinaan
Penerapan Branding untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Mikro Kuliner Kupat Tahu
Padalarang di Kecamatan Batujajar, Jurnal Abdimas-Polibatam, 2(2), 63-72.
Sulistiyawati, E. & Anna, W. (2020). Marketplace Shopee sebagai Media Promosi Penjualan UMKM
di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133-142.
Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal
Manajemen Komunikasi, 5(2), 259-279.
Wahyudi, N. & Satriyono. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Zulkarnain, Machfud, Marimin, Emmy, & Sugiarto (2020). Rancangan Model Purwarupa Kemasan
Kopi Speciality. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 30(1): 1-12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Admi Syarif, Ghraito Arip, Dimas A. Dhafa, Yokie Rahman, Anggun N. Azizah, Ami Zuraida, Nabila Z. Muhammad, Ni K. Aprilliani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.