Peningkatan Potensi Desa Dengan Personal Branding Produk

Authors

  • Admi Syarif Universitas Lampung
  • Ghraito Arip Universitas Lampung
  • Dimas A. Dhafa Universitas Lampung
  • Yokie Rahman Universitas Lampung
  • Anggun N. Azizah Universitas Lampung
  • Ami Zuraida Universitas Lampung
  • Nabila Z. Muhammad Universitas Lampung
  • Ni K. Aprilliani Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.108

Keywords:

Kemasan, Merek, Produk, Promosi, UMKM

Abstract

Di era saat ini, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi level usaha yang mendominasi usaha di Indonesia. Namun, masih banyak pelaku UMKM, termasuk di Desa Kota Besi yang tidak mementingkan merek dagang dan kemasan yang digunakan. Selain itu, produk yang dihasilkan hanya diperjualbelikan di sekitar desa saja. Padahal, dengan adanya perkembangan teknologi ini, pelaku UMKM perlu menyiapkan strategi seperti menawarkan produknya secara online karena sebagian besar konsumen cenderung mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih. Agar tidak kalah saing, pelaku UMKM juga perlu memperbaiki kualitas kemasan agar lebih menarik konsumen untuk membeli produk dan memiliki merek dagang yang menjadi ciri khas produk sehingga lebih dikenal. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai agent of change berkewajiban untuk memberi pemahaman dan pelatihan kepada pelaku UMKM sehingga nantinya produk yang dihasilkan memiliki nilai jual tinggi dan meningkatkan pendapatan. Kegiatan ini berjalan dengan baik berkat dukungan dari tim pengabdian KKN, kepala desa, maupun pelaku UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choirunnisa, A. (2020). Perancangan Corporate Identity Sebagai Media Promosi Koperasi Nusa Sejahtera, Jurnal Seni dan Desain, 2(1), 27-34.

Hartawan, E., Delfin, L., Marc, R., Geraldo, E., & Handyanto, W. (2021). Pengaruh Iklan di Media

Sosial Instagram terhadap Minat Beli Masyarakat pada E-Commerce, Jurnal Ilmiah Manajemen

Bisnis Dan Inovasi, 8(1), 217-228.

Prabhowo. (2018). Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk terhadap Keputusan

Pemberian Impulsif (Studi pada Produk Kopi Good Day di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas

Islam Indonesia.

Suhaeni, T. et al. (2020) Program Kemitraan Masyarakat: Pembuatan Identitas Merek dan Pembinaan

Penerapan Branding untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Mikro Kuliner Kupat Tahu

Padalarang di Kecamatan Batujajar, Jurnal Abdimas-Polibatam, 2(2), 63-72.

Sulistiyawati, E. & Anna, W. (2020). Marketplace Shopee sebagai Media Promosi Penjualan UMKM

di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133-142.

Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal

Manajemen Komunikasi, 5(2), 259-279.

Wahyudi, N. & Satriyono. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Zulkarnain, Machfud, Marimin, Emmy, & Sugiarto (2020). Rancangan Model Purwarupa Kemasan

Kopi Speciality. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 30(1): 1-12.

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Syarif, A., Arip, G., Dhafa, D. A., Rahman, Y., Azizah, A. N., Zuraida, A., Muhammad, N. Z., & Aprilliani, N. K. (2023). Peningkatan Potensi Desa Dengan Personal Branding Produk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(1), 29-38. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.108

Issue

Section

Articles