Pelatihan LaTeX Menggunakan Overleaf untuk Meningkatkan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah bagi Dosen di Pringsewu
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v5i3.184Keywords:
Artikel, LaTeX, Overleaf, PelatihanAbstract
Keunggulan LaTeX telah menjadikannya sebagai standar dalam penulisan karya ilmiah. Saat ini, sebagian dosen belum dapat menggunakan LaTeX sehingga diperlukan pelatihan penggunaan Latex bagi Dosen di Pringsewu Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah bagi para Dosen. Kegiatan ini dilaksanakan di Institut Bakti Nusantara (IBN) Pringsewu dengan metode ceramah interaktif dan praktik langsung menggunakan Overleaf. Keuntungan menggunakan overleaf adalah peserta tidak perlu mengunduh aplikasi untuk menjalankan LaTeX. Pada sesi terakhir, beberapa peserta mempresentasikan hasil kerjanya. Selanjutnya, peserta diberikan kuesioner mengenai tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan. Kegiatan ini diikuti oleh 34 dosen di Pringsewu. Berdasarkan hasil kuisioner, sebanyak 76,47% peserta memahami materi dengan sangat baik, 20,59% memahami dengan baik dan 2,94% cukup memahami materi yang diberikan. Selain itu, sebanyak 97,06% peserta tertarik menulis artikel menggunakan LaTeX.
Downloads
References
Ananda, R., Gushelmi, & Maidawati. (2024). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bereputasi dengan LaTeX Bagi Mahasiswa Indonesia di Malaysia. Indonesian Journal of Community Service and Innovation (IJCOSIN), 4(2), 76–86. doi:https://doi.org/10.20895/ijcosin.v4i1.1485
Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Affandi, L. H., & Sukardi. (2020). Pendampingan Penggunaan LaTeX Untuk Penyesuaian Format Artikel Bagi Dosen Dan Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 420–425. doi:https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11557
Hartono, Y., Somakim, Pratiwi, W. D., Araiku, J., & Nuraeni, Z. (2019). Pendampingan Penggunaan LaTeX untuk Penulisan Artikel Ilmiah bagi Dosen Universitas PGRI Palembang. Jurnal Anugerah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 51–57. doi:https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1652
Herowati, W., Budi, S., Wibawa, T. S., & Prabowo, W. A. E. (2022). Pengenalan Perangkat Lunak LaTeX sebagai Media Alternatif Penulisan Buku Ajar bagi Guru. JE (Journal of Empowerment), 3(2), 219-225. doi:https://doi.org/10.35194/je.v3i2.2740
Iwan, H. (2013, Agustus 18). Membuat Dokumen LaTeX. Retrieved from SlideShare: https://www.slideshare.net/slideshow/membuat-dokumen-latex-25359211/25359211
Luan, F., Sikas, O. R., Kelen, Y. P. K., Liunokas, E., & Bano, E. N. (2023). Pelatihan Aplikasi LaTeX Bagi Guru-guru SMP Negeri 1 Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 3(2), 255–261. doi:https://doi.org/10.47709/dst.v3i2.3203
Luthfi, Mahyar, H., Zuhaimi , Jufriadi, & Zaini. (2021). Pelatihan LaTex untuk Tim Pengelola Jurnal di Lingkungan Politeknik Negeri Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe. 5, pp. C-114–C-118. Lhokseumawe: Politeknik Negeri Lhokseumawe.
Rahmat, Alfat, S., Abdin, Maryanti, E., Sarina, S., Arsad, R., & Syukur. (2020). Pelatihan Aplikasi Maple dan LaTeX pada Guru SMA. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74–80. doi:https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i2.9925
Rusmining, & Yuwaningsih, D. A. (2019). Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Menggunakan LaTeX dan Geogebra di SMP Muhammadiyah se-Kecamatan Pleret. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1, 153–158.
Safniyeti. (2020). Pelatihan LaTeX dan Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dokumen dan Pembuatan Soal Matematika yang Menarik bagi Guru-Guru Tingkat SMA di Kabupaten Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Januari, 2(1), 47–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitriani Fitriani, Ahmad Faisol, Aang Nuryaman, Dian Kurniasari, Bernadhita Herindri Samodera Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.