Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung

Authors

  • Fitriani Fitriani Universitas Lampung
  • Ahmad Faisol Universitas Lampung
  • Wamiliana Wamiliana Universitas Lampung
  • Notiragayu Universitas Lampung
  • Siti Laelatul Chasanah Universitas Lampung
  • Dian Kurniasari Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96

Keywords:

Canva, Media Pembelajaran, pelatihan

Abstract

Canva merupakan suatu tools desain grafis untuk membantu dalam pembuatan desain kreatif yang mudah digunakan. Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru-guru SMK di Bandar Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan pelaporan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan metode ceramah interaktif dan praktik. Pemaparan materi dilanjutkan dengan praktik pembuatan media pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 31 guru-guru SMK se-Bandar Lampung. Setelah pelatihan, semua peserta mampu membuat media pembelajaran. Berdasarkan survei, 16.13% sangat setuju, 45.16% peserta setuju, 29.03% kurang setuju dan 9.68% tidak setuju menggunakan Canva dalam pembuatan media pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan peserta dalam pembuatan media pembelajaran.

References

Arifin, A. N., Ismail, Daud , F., & Azis, A. (2021). Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Universitas Negeri Makassar (pp. 468-472). Makassar: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Negeri Makassar.

Febrianto, G. L., Sulton, & Praherdiono, H. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Pelatihan Instalasi Tenaga Listrik. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 149-157.

Garris, P. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79-96.

Lodjo, F. S. (2013). Pengaruh pelatihan, pemberdayaan dan efikasi diri terhadap kepuasan kerja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 747-755.

Mawardi, N., & Sodiq, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Menyusun Teks IkLan Kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. BAPALA, 9(8), 198-207.

Purwanti, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1), 42-51.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Voteteknika, 7(2), 79-85. doi:https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476-480. doi: https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417

Downloads

Published

2022-11-13

Issue

Section

Articles