Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Pemahaman Siswa SMPN 1 Baradatu dalam Penguasaan Materi Olimpiade Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.90Keywords:
Matematika, Olimpiade, SMPN 1 BaradatuAbstract
Olimpiade matematika menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh kalangan siswa maupun pendidik mulai tahun 2003. Akan tetapi, kurangnya pengetahuan guru dan siswa mengenai soal olimpiade matematika mengakibatkan minimnya prestasi yang diperoleh siswa SMP Negeri 1 Baradatu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kemampuan guru dan siswa di SMPN 1 Baradatu dalam penguasaan materi olimpiade matematika. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan simulasi. Kegiatan pembinaan berjalan dengan baik. Guru dan siswa antusias dalam memberikan pertanyaan saat diskusi. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan guru matematika dan siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata peningkatan nilai post-test dibandingkan dengan nilai pretest yaitu sebesar 26,24% untuk guru dan 32,40% untuk siswa.
References
Mamlukat, I. (2009). Menjadi Juara Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: Media Pusindo.
Mardiyana, Riyadi, Sujatmiko, P., & Aryuna, D. R. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMP Kota Surakarta dalam Pembinaan Olimpiade Matematika Nasional. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 848-860). Surakarta: FKIP UNS .
Maryani, L., Wahyudin, M., & Sopiansah, V. A. (2017). Improvement of Student Critical Thinking About Using Discussion Learning. International Conference on Economics, Business and Economic Education (pp. 989-1000). KnE Social Sciences. doi: 10.18502/kss.v3i10.3187
Maulidin. (2018). Pelatihan Olimpiade Matematika pada Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. Jurnal Transformasi, 14(1), 55-62. doi:https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.575
Suhendar, U., Ekayanti, A., & Merona, S. P. (2020). Pola Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Matematika SMP di Kabupaten Ponorogo. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 179-190. doi:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.638
Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Tohir, M. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Pembina Olimpiade Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Madiun. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 199-226. doi:10.35316/assidanah.v1i2.587
Wiworo. (2009). OSN Matematika SMA . Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yuntawati, & Sanapiah. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Jenjang SMP Kabupaten Lombok Tengah. SASAMBO: JurnalAbdimas (Journal of Community Service), 2(3), 172-179. doi:10.36312/sasambo.v2i3.304
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muslim Ansori, Wamiliana, Amanto, Siti Laelatul Chasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.