Edukasi Sains Sebagai Keterampilan Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Rejomulyo
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i2.116Keywords:
Anak, Dini, Edukasi, Sains, UsiaAbstract
Sains menjadi ilmu pengetahuan yang selalu dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sains saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk dikenalkan pada anak-anak usia dini karena sains dapat mengajak anak untuk berpikir kritis, sehingga dengan sains, anak tidak begitu saja menerima dan menolak sesuatu. Tim MBKM Membangun Desa mencoba melakukan kegiatan edukasi sains yang dikemas secara menyenangkan dan mengacu pada pembelajaran anak usia dini yang dilakukan sambil bermain karena dunia anak adalah dunia bermain. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi sains sebagai upaya peningkatan keterampilan anak-anak dan menganalisis ketertarikan anak-anak berdasarkan pendekatan keterampilan sains. Dengan adanya kegiatan edukasi sains ini diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu, semangat kerja sama, dan keterampilan anak-anak di Desa Rejomulyo khususnya di TK Dharma Wanita. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan membuat target capaian untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan. Hasil evaluasi kegiatan ini, 86% siswa memahami materi yang diberikan dan menyukai metode pengajaran yang digunakan.
Downloads
References
Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Astuti, W., & Yafie, E. (2019). Pengembangan Alat Permainan Ritatoon Tentang Binatang Peliharaan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174–180. doi:10.17977/um038v2i32019p174
Anggraini, V., Yulsyofriend, & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73-84. doi:10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Aulina, C. N., Salim, A., & Wulandari, F. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Sains di Taman Kanak-kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66–72. doi:10.30651/aks.v6i1.4671
Husin, S. H., & Yaswinda. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa PANDEMI Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581-595.
Izzuddin, A. (2019). Sains dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Sains. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(3), 353-365.
Rahmah. (2018). Persepsi Guru Tentang Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Gugus II Melati Kecamatan Simpang Tiga Pekanbaru. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 89-101. doi:10.24014/kjiece.v1i2.6656
Saleh, M. (2021). Kemampuan Sains Sederhana Melalui Teknik Bermain Air pada Anak Kelompok B TK Sinar Jaya Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. DIKMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 119-128.
Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Suryaningsih, N. M., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194–201. doi:10.31004/obsesi.v2i2.113
Suyadi. (2010). Psikologi belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Tim Penyusun Fakultas Negeri Padang. (2008). Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Padang: UNP.
Wati, E. K., & Jayanti, R. R. (2022). Pengembangan Game Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, 2(3), 1-8. doi:10.59818/jpi.v2i3.186
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82-90. doi:10.31004/obsesi.v3i1.111
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agung Abadi Kiswandono, Rinawati Rinawati, Sonny Widiarto, Suharso Suharso, Nurhasanah Nurhasanah, Devi Nur Annisa, Hapin Afriyani, Rizqohayyu Khusnul Khotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.